10 Cara Mengurangi Kelembapan Udara Di Kamar Yang Ampuh

4224

Apakah Anda sering mendapati kamar yang lembab? 10 cara mengurangi kelembapan udara di kamar berikut akan sangat membantu Anda.

Kamar adalah tempat yang sangt penting dan juga sering digunakan setiap hari. Kamar harus diciptakan senyaman mungkin, bahkan untuk ukurannya juga jangan terlalu sempit terlebih jika kamar digunakan tidak hanya untuk satu orang saja. Kamar yang baik harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Udara di kamar yang buruk bisa saja menimbulkan berbagai macam penyakit. Terlebih jika Anda membuat kamar untuk Anda, harus dipersiapkan dengan benar karena udara yang buruk juga akan mempengaruhi tubuh kembang anak. Lalu bagaimana dengan ciri kamar yang bagus dan tidak? Kamar yang bagus dan memiliki sirkulasi udara yang bagus sangat disarankan untuk digunakan. Kamar yang terang juga akan sangat membantu untuk memberi kehangatan di dalam ruangan sehingga suhu udara terjaga, usahakan cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan setiap harinya untuk mencegah kelembapan.

Apabila kelembapan dalam ruangan kamar tinggi maka secara tidak sadar Anda akan mengendapkan kelembapan di dalam paru-paru Anda. Di Indonesia sangat banyak masalah penyakit yang timbul pada paru-paru akibat kelembapan. Anda harus mengurangi kelembapan yang berada di kamar. Cegah juga apabila kamar Anda sudah mulai berjamur menandakan pada wilayah tersebut kelembapan yang timbul sangat tinggi. Anda bisa mengikuti 10 cara mengurangi kelembapan udara di kamar yang akan dijabarkan di dalam artikel ini.

Temukan Penyebab Kelembapan di Dalam Kamar

CS Biovarnish

Sebelum Anda menanggulangi kelembapan udara di dalam ruangan maka Anda harus mencari sumbernya terlebih dahulu. Sama seperti ketika Anda memiliki permasalahan harus dicari akar permasalahannya sehingga bisa mencari solusinya. Lalu apakah saja penyebab yang biasanya menimbulkan udara lembab di dalam kamar? Setelah mengetahui semua permasalahannya tentu Anda akan lebih muda dalam melakukan cara mengurangi kamar lembab yang ampuh berikut ini:

  1. Terjadi kebocoran

Timbulnya kebocoran ini sangat mungkin terjadi. Ini bisa terjadi apabila kamar Anda dekat dengan saluran air atau memiliki kamar mandi dalam. Biasanya kebocoran ditumbulkan dengan rembesan air kemudian jamur mulai tumbuh.

  1. Tidak adanya celah sinar matahari

Sinar matahari adalaah salah satu hal yang paling dibutuhkan di dalam kamar,  sinar matahari akan memberikan ruangan menjadi lebih hangat dan mengusir kelembapan. Tidak adanya sinar matahari akan membuat ruangan menjadi dingin.

  1. Tidak adanya jendela

Jika kamar Anda adalah ruangan yang tertutup maka kesempatan untuk udara yang lembab akan sangat tinggi. Jendela berfungsi untuk memasukan sinar matahari dan juga memberikan sirkulasi udara

Tiga permasalahan tersebutlah yang sering terjadi di dalam kamar dan menimbulkan kelembapan. Kelembapan di dalam ruangan bisa mengakibatkan banyak permasalahan seperti masalah kesehatan, membuat rumah lebih cepat lapuk karena kelembapan merusak pondasi rumah terutama yang terbuat dari kayu. Kelembapan juga bisa menyebabkan rusaknya foto atau lukisan yang ditempel atau disimpan. Dinding yang berjemur akan membuat rumah tampak tidak layak huni bahkan jika Anda menyimpan alat elektronik bisa menjadi cepat rusak. lalu permasalahan manakah yang timbul di dalam kamar Anda?

Lakukan 10 Cara Mengurangi Kelembapan Udara Di Kamar Berikut

Dalam menanggulangi kelembapan, 10 cara mengurangi kelembapan udara di kamar berikut ini sangat efektif. Anda bisa mempraktekannya dengan mudah:

  1. Jika ruangan menjadi lembab karena adanya kebocoran baik itu dari atap maupun dari saluran pipa, maka Anda harus segera memperbaikinya. Air yang meresap ke dalam ruangan dan kelembapan udara akan semakin tinggi.
  2. Buat ventilasi udara

Membuat ventilasi ini bisa saja berupa jendela atau berupa lubang angin. Ventilasi ini akan berfungsi untuk membuat sinar matahari masuk ke dalam ruangan dan juga membuat sirkulasi udara yang baik.

  1. Gunakan garam

Anda bisa menggunakan garam di setiap sudut kamar, letakan garam di dalam mangkuk dan letakan di dalam sudut ruangan. Garam mmeiliki kemampuan serap lembab yang baik dan jika garam sudah basah Anda bisa menjemurnya dan menggunakannya kembali.

  1. Gunakan arang

Arang yang dimaksud disini adalah jenis arang basah yang sering digunakan untuk membakar sate. Letakan arang satu kresek di pojok ruangan dan biarkan rongganya mernyerap kelembapan udara. Anda bisa menjemurnya setiap satu bulan sekali, arang juga dapat menghilangkan bau di dalam ruangan.

  1. Memasang Exhaust Fan

Jika Anda tidak memiliki jendela maka Anda bisa menggunakan exhaust fan. Alat ini sangat efektif dalam mengganti sirkulasi udara di dalam ruangan. Anda cukup membeli berukuran sedang dan memasangnya dalam dinding.

  1. Gunakan kapur serap lembab

Kapur ini sudah banyak dijual disupermarket. Kapur ini memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan di dalam kamar dan Anda bisa meletakan di dalam pojok ruangan. Anda harus rajin menggantinya karena ketika kapur ini sudah menyerap banyak uap air sudah tidak dapat digunakan kembali dan harus diganti dengan yang baru.

  1. Gunakan cat dinding anti lembab

Dinding yang sudah memiliki jamur menandakan bahwa dinding tersebut sudah menyerap kelembapan. Gara dinding tidak mudah berlumut atau berjamur maka recoating dinding dengan cat yang sudah dilengakpi dengan anti jamur.

  1. Lilin

Lilin akan mengeluarkan udara panas yang akan mengusir kelembapan di dalam ruangan. Agar ruangan juga memiliki bau yang nyaman Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis lilin aroma terapi.

  1. Menggunakan dehumidifer

Alat ini adalah alat yang berfungsi untuk mengeluarkan udara yang lembab kemudian mengubah menjadi udara yang dingin dan lebih baik. Alat ini memiliki harga yang tidak murah tentunya dan Anda akan mengeluarkan uang yang cukup tinggi.

  1. Alat serap lembab

Untuk alat serap lembab ini ada berbagai macam bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan dehumidifier. Alat serap lembab yang beredar di pasaran pun sangat bervariasi seperti salah satunya adalah Conteiner Dessicant Pole.

Gunakan Penyerap Lembab Conteiner Dessicant Pole

Dari 10 cara mengurangi kelembapan udara di kamar  yang jitu di atas, cara paling mudah dan Anda tidak perlu mengganti dalam jangka waktu yang pendek adalah menggunakan Conteiner Dessicant Pole. Produk ini adalah produk yang aman dan juga penggunaannya mudah. Anda cukup menggantungnya pada dinding ruangan. Alat ini akan bekerja dengan sendirinya. Anda cukup menggunakan satu buah saja maka kamar akan terlindung dari kelemabapan udara. Produk ini sering digunakan untuk pengiriman barang ekspor ke luar negeri menggunakan kontainer atau peti kemas. Kelembapan udara yang ada di atas laut tentu akan lebih tinggi dibandingkan di darat. Sehingga produk ini akan sangat efektif menjaga kelembapan tetap rendah di dalam ruangan Anda.

Produk ini tersedia dalam kemasan 1000 gr yang berisi bahan aktif dan dikemas dalam karton berisi 10-12 unit. Berminat menggunakan Conteiner Dessicant Pole untuk serap lembab di dalam ruangan kamar Anda? Segera dapatkan dengan mudah yaitu menghubungi cotsmer service via nomor 0822 1935 7399  dan BBM di D69F376B.

beli biovarnish

Leave a Reply