Bahan Alami Untuk Mengkilapkan Kayu

929
meja makan kayu mengkilap dirawat

Salah satu cara finishing untuk mempercantik tampilan kayu adalah dengan mengkilapkan kayu agar tampilannya tetap alami. Selain untuk mempercantik, biasanyanya bahan pengkilap tersebut juga difungsikan untuk proteksi juga. Sehingga kayu selain cantik juga terlindungi.

Kayu dengan bahan alami ada baiknya juga dirawat menggunakan bahan alami untuk merawatnya. Di Indonesia sendiri, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu merawat kayu  agar tetap mengkilap. Apa saja bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengkilapkan kayu? Simak uraiannya berikut ini.

5 Bahan Alami Untuk Mengkilapkan Kayu

  1. Biji Kemiri

Mengkilapkan Kayu
biji kemiri dapat digunakan untuk mengkilapkan kayu

Kemiri seringkali digunakan untuk merawat rambut agar rambut tumbuh lebat dan hitam mengkilap. Tapi ternyata kandungan minyak yanga da di dalam kemiri juga bagus untuk merawat furniture terutama dengan bahan kayu jati.

CS Biovarnish

Untuk menggunakannya, bakar 5 biji kemiri hinggaminyaknya keluar. Lalu ambil biji kemiri dan bungkus menggunakan kain kassa. Pada posisi biji terbungkus kain kasa, hancurkan biji dengan cara dipukul-pukul sampai halus dan berbentuk bubuk.

Oleskan biji kemiri yang masih terbungkus kain tersebut ke seluruh permukaan furniture. Lihatlah hasilnya pada furnitur anda.

  1. Tepung

Tepung sagu dan maizena adalah tepung yang biasa digunakan untuk membersihkan kayu jati. Selain itu, bisa juga digunakan tepung jenis lainnya.

Tepung berguna untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kayu jati. Kotoran ini akan terangkat dengan mudah saat anda mengangkatnya menggunakan tepung yang dapat anda temui di dapur.

Cara aplikasinya juga cukup mudah, dimana cukuptaburkan tepung pada perabotan kayu yang anda miliki. Usap hingga kotoran benar-benar terangkat dan bersihkan tepung dari mebel kayu anda, dan mebel anda akan nampak mengkilap.

  1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun bisadikenals ebagai minyak yang baik untuk merawat kecantikan. Bahkan nama minyak ini disebut secara khusus dalam Al-Qur’an. Selain untuk kecantikan, minyak zaitun juga dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Dibalik kehebatan minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan,minyak zaitun ternyata juga berguna untuk melindungi furnitur kayu yang ada dirumah kita. Minyak zaitun bisa masuk ke dalampori tanpa merusak permukaan kayu,sehingga mampu melindungi furnitur kayu yang ada dirumah.

Oleskan minyak zaitun menggunakan kain hingga merata. Agar permukaan kayu tidak rusak, gunakan kain jenis micrifiber. Setelah minyak zaitun telah merata dioleskan, maka diamkan30 menit hingga minyak meresap dan usap kembali menggunakan kain bersih untuk mengurangi minyak di permukaan kayu.

  1. Air Cuka

Air cuka juga salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk merawat kayu jati secara alami. Cuka yang bersifat asam ternyata mampu mengangkankotoran yang menempel pada mebel.

Untuk membersihkan mebel dengan air cuka, lakukan dengan dua langkah. Pertama gunakan air cuka untuk membersihkanfurniture, lalu sebagai finishing gunakan minyak zaitun untuk finishing.

Langkah pertama, siapkan dua sendok makan cuka dan satu sendok air biasa. Camour keduanya dan oleskan cuka ke seluruh permukaan mebel menggunakan kain halus. Diamkan beberapa saat hingga kayu terlihat agak kering.

Langkah kedua, campurkan air cuka menggunakan minyak zaitun.Gunakan perbandingan 1:4. Aduk merata dan oleskan secara menyeluruh ke mebel anda. Lihatlah hasilnya.

  1. Ampas Teh

Mengkilapkan Kayu
ampas teh untuk mengkilapkan kayu secara sementara

Selama ini mungkin anda risih dengan sampah ampas teh yang tebuang percuma. Mulai sekarang, jangan buang ampas teh anda, karena ampas teh bisa digunakan untuk mengkilapkan kayu. Gunakan ampas teh untuk menggosok seluruh bagian kayu. Lihatlah hasilnya

Meracik Sendiri Bahan Untuk Pengkilap Kayu

Memang metode untuk mengkilapkan kayu biasanya menggunakan pelitur atau pernis. Namun, jika memang anda adalah tipe orang yang tekun dan telaten kenapa tidak anda meluangkan waktu untuk membuat sendiri pernis atau pelitur racikan anda sendiri.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pernis dan pelitur racikan adalah 60 ml jus lemon ditambah 90 ml minyak zaitun. Takaran ini bisa saja berbeda karena menyesuaikan dengan luas lantai yang anda miliki.

Mengkilapkan Kayu
campuran jus leom dan minyak zaitun untuk mengkilapkan kayu

Proses pembuatannya juga cukup mudah, siapkan ember  atau baskom sebagai wadah, lalu campurkan air perasan lemon menggunakan air panas. Campuran lemon dan air panas ini berguna sebagai antiseptik alami. Setelah air lemon tercampur, tuangkan minyak zaitun yang berguna untuk membuat lantai anda kembali berkilau. Cairan ini juga berguna untuk membantu membasmi noda yang menempel.

Setelah cairan pembersihnya jadi, anda bisa menggunakan kami untuk membersihkan furnitur atau lantai anda. Cobalah bersihkan atau pel lantai pada bagian kecil dahulu, setelah anda puas dengan hasilnya, baruah bisa dilanjutkan ke seluruh bagian.

Setelah selesai dilakukan pembersihan atau pel, biarkan lantai atau furnitur mengering dengan sendirinya. Berhati-hatilah saat melangkah, karena lantai bisa menjadi sangat licin pada awalnya.

 

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply