Cara Finishing Kayu dengan Impra untuk Kusen Jendela

4648
Cara Finishing Kayu dengan Impra untuk Kusen Jendela

Kusen jendela adalah bagian rumah yang sangat penting. Tanpa adanya kusen maka tidak ada jendela yang dapat dibuka dan sirkulasi udara yang baik dapat terjadi. Namun kusen memiliki umur terlebih lagi kusen jendela yang terbuat dari bahan kayu. Kusen jendela dari kayu memiliki umur sesuai dengan ketahanan kayu yang digunakan.

Jenis kayu terbaik untuk kusen adalah kayu mahoni, kayu kelapa, kayu jati dan juga kayu merbau walaupun cukup keras untuk kayu merbau. Ketika Anda akan menggunakan kayu ini maka Anda perlu menentukan bahan finishing apa yang digunakan.

Cara Finishing Kayu dengan Impra untuk Kusen JendelaBaik untuk pengecatan ulang atau pengecatan kusen jendela yang baru, cat Impra adalah pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan dan bisa Anda manfaatkan. Cat dengan merk Impra adalah jenis cat solvent yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat baik itu penghobi kayu, orang awam hingga para pengrajin kayu.

CS Biovarnish

Ada empat tahapan sekaligus empat produk yang perlu Anda gunakan. Pertama adalah produk wood filler Impra yang merupakan bahan dasar atau lapisan dasar untuk mengisi pori kayu. Selanjutnya adalah produk Impra wood stain yang berfungsi untuk memberikan warna pada kayu.

Ada banyak pemilihan dari warna wood stain yang bisa Anda pilih. Pemilihan warna ini sangat menarik karena Anda akan tetap dapat melihat tampilan dari serat kayu yang digunakan. Untuk membuat lapisan wood stain kuat dan menempel dengan baik maka dibutuhkan sanding sealer.

Anda bisa menggunakan lapisan Impra sanding sealer yang merupakan cairan dengan warna transparan. Sanding sealer berfungsi untuk memperkuat lapisan di atasnya dan juga lapisan di bawahnya. Lapisan di atas sanding sealer tidak lain adalah produk Impra Melamin yang merupakan top coat atau clear coat.

Satu kelebihan cat kayu melamin Impra adalah high gloss efek yang didapatkan dengan kilap tinggi. Anda tidak akan menemukannya pada produk lain karena efek gloss yang diberikan mencampai 90%. Efek ini mengkilap dan menjadikan furnitur menjadi lebih indah dan transparan tinggi.

Nah jadi untuk cara mengecat kayu agar mengkilap dengan Impra Anda membutuhkan keempat produk tersebut untuk melapisi kusen jendela menjadi tampak baru dan mengkilap tinggi. Jangan lupa untuk semua proses aplikasi bahan cat Anda membutuhkan pelarut berupa thinner yang bisa Anda beli di toko bahan bangunan terdekat.

Persiapan Kusen Jendela Sebelum Pengecatan

Mempersiapkan kusen jendela yang merupakan media kayu adalah salah satu bagian yang sangat penting. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang halus dan rata jika tidak melakukan persiapan walaupun Anda sudah menggunakan bahan finishing berkualitas dan mahal.

Namun sebaliknya, jika Anda menggunakan bahan finishing yang murah dengan persiapan kusen jendela yang baik maka hasilnya terlihat seperti Anda menggunakan bahan finishing yang mahal harganya.

Maka kunci keberhasilan dari finishing kayu yang halus dan rata terletak pada persiapan material kayu yang akan difinsihing. Ada beberapa tahapan untuk persiapan finishing kusen jendela berikut ini:

  1. Pengeringan

Anda akan melakukan finishing pada kusen jendela baik itu baru maupun tidak. Namun proses pengeringan kayu sangat penting. Kayu yang masih basah akan memancing jamur dan juga rayap ketika  lapisan cat baru sudah mengering. Kandungan air dalam kayu tetap ada dan akan menimbulkan jamur yang merusak kusen kayu Anda. Jadi Anda perlu memastikan bahwa kayu dalam posisi kering dengan MC standar. Namun jika Anda tidak bisa mengukur tingkat kelembaban, jemur kayu pada panas matahari dan pastikan Anda mendapatkannya kering dengan baik.

  1. Pengamplasan

Cara Finishing Kayu dengan Impra untuk Kusen JendelaProses penghalusan tidak kalah penting dengan proses pengeringan.  Permukaan kusen jendela yang halus sangat dibutuhkan untuk hasil finishing yang juga halus. Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna dengan menggunakan amplas sesuai dengan nomor kecil ke besar untuk mendapatkan permukaan yang halus. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kayu. Serbuk kayu yang masih menempel dapat merusak kehalusan dari kusen jendela Anda.

  1. Perlindungan

Anda perlu melindungi area sekitar kusen yang tidak ingin difinishing. Seperti furnitur, lantai, dinding dan juga kaca jendela. Pastikan Anda sudah menutupnya dengan kain atau koran menggunakan isolasi kertas yang kuat. Perlindungan juga perlu diberikan pada Anda. Karena menggunakan cat solvent maka gunakan masker dan sarung tangan ketika proses aplikasi, bau menyengat dan debu amplas yang masuk ke dalam paru-paru akan sangat berbahaya.

Kini Anda sudah siap melakukan pengecatan dengan cat kayu kusen yang bagus Impra di rumah.

Proses Pengecatan Kusen dengan Impra

Pengecatan dengan Impra sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan alat semprot dan amplas 400 untuk mengamplas setiap lapisan cat. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk proses aplikasinya:

  • Pertama aplikasikan Impra wood filler. Campurkan cat dasar kayu kusen ini dengan sedikit thinner agar wood filler berubah menjadi lebih encer dan mudah diaplikasikan. Isi semua pori kayu secara berlawanan dengan serat dengan pisau palet. Pastikan terisi kemudian tunggu hingga kering. Jika sudah amplas dengan amplas 240 hingga permukaan berubah menjadi halus serta serat kayu yang terlihat jelas.
  • Kedua adalah aplikasi Impra wood stain, pilih warna yang sesuai dengan keinginan Anda. Campurkan wood stain dengan thinner sesuai dengan takaran yang ada pada kemasan kaleng, aduk hingga rata jangan lupa untuk menutup thinner agar tidak menguap dan habis. Semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kusen jendela dan tunggu kering. Setelah itu amplas ambang dengan amplas 400. Jika Anda belum merasa mendapatkan warna yang diinginkan maka semprotkan kembali wood stain secara merata tunggu kering dan amplas. Pengulangan wood stain ini bisa dilakukan hingga dua atau tiga kali.
  • Cara Finishing Kayu dengan Impra untuk Kusen JendelaKetiga adalah aplikasi Impra sanding sealer, warna yang dihasilkan adalah transparan jadi Anda tidak perlu takut warna berubah. Campurkan sanding sealer dengan thinner perbandingan sesuai dengan kemasan Impra sanding sealer. Kemudian aplikasikan dengan alat semprot atau spray gun secara merata. Tunggu kering dan amplas dengan amplas 400.
  • Langkah terakhir adalah aplikasi Impra melamin. Caranya sama yaitu campurkan melamin dengan hardener terlebih dahulu baru kemudian dengan thiner dan pastikan mendapat takaran yang tepat. Lalu semprotkan ke seluruh permukaan kusen jendela sehingga rata. Proses pengeringan membutuhkan waktu 24 jam atau lebih tergantung dengan suhu udara. Namun setelah ditunggu 60 menit Anda bisa melepas seluruh isolasi kertas dan meletakan barang-barang ke tempat semula.

Proses finishing menggunakan cat Impra tidaklah sulit, namun untuk tempat finishing pastikan Anda memiliki ruangan yang terbuka dan jauh dari anak-anak karena partikel cat yang disemprot akan berbahaya untuk dihirup manusia. Jika perlu copot jendela Anda saat proses aplikasi berlangsung.

Agar Anda mendapatkan hasil finishing yang terbaik, lakukan pada cuaca panas dan terik matahari tinggi. Semua lapisan cat akan mengering jika suhu udara kering dan panas.

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply