Cara Menggunakan Mowilex Kayu dengan Kuas

9357
Cara Menggunakan Mowilex Kayu dengan Kuas

Cat Kayu Mowilex adalah salah satu jenis cat atau lebih dikenal dengan cat varnish kayu yang sangat populer di kalangan industri furnitur di Indonesia. Cat ini banyak digunakan karena memiliki kelebihan murah dan sangat mudah diaplikasikan pada kayu.

Nilai plus yang diberikan tidak berhenti di situ saja, cat kayu Mowilex merupakan cat yang bagus untuk kayu dengan bahan dasar air yang tidak akan mencemari lingkungan.

Cat atau pernis kayu water based ini sangat banyak dipilih karena Anda tidak perlu menggunakan berbagai macam jenis bahan pelarut. Bahan ini hanya membutuhkan air sebagai pelarut yang akan membuat Anda menjadi lebih hemat.

CS Biovarnish

Kelebihan dari Mowilex lainnya adalah memiliki ketahanan yang baik. Cat Mowilex adalah cat kayu tahan air dan panas yang mudah diaplikasikan siapa saja. Warna kayu yang dihasilkan juga sempurna.

Bagi Anda yang ingin melakukan finishing warna natural maka cat kayu Mowilex menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko bahan bangunan setempat. Proses aplikasi yang mudah bisa Anda gunakan dengan menggunakan kuas.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara finishing Mowilex menggunakan kuas.

Persiapan Mengecat dengan Mowilex

Pertama sebelum Anda mengaplikasikan cat kayu maka persiapan perlu dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan mulai dari bahan atau material hingga bahan dan juga alat. Sebelum Anda melakukan pengecatan ikuti tips yang biasanya banyak dilakukan oleh para DIY.

Cara Menggunakan Mowilex Kayu dengan KuasPersiapan untuk material atau substrat kayu adalah membuat permukaan kayu menjadi lebih halus dan juga rata. Membuat permukaan kayu menjadi lebih halus adalah dengan cara mengamplas. Pengamplasan dilakukan dengan memilih jenis amplas dan menyesuaikan pada jenis kayu.

Apabila kayu adalah jenis kayu yang keras maka sebaiknya gunakan hand sander untuk mempercepat proses finishing. Nomor amplas yang digunakan harus sesuai dengan urutan. Gunakan amplas kasar mulai dengan nomor 100 dan perlahan beralih ke nomor 150 hingga 180.

Semakin halus permukaan amplas maka Anda dapat mengaplikasikan pada permukaan kayu yang halus juga. Pengamplasan akan memberikan goresan pada permukaan kayu jadi jika Anda menggunakan dengan nomor yang terbalik dari halus ke kasar maka hasil permukaan kayu akan menjadi kasar.

Jika permukaan kayu sudah berubah menjadi halus maka hilangkan semua debu amplas yang masih menempel. Semakin banyak debu amplas maka akan semakin kotor hasil finishing yang didapatkan. Bersihkan jika perlu menggunakan kain yang telah dibasahi namun setelah itu tunggu kayu mengering kembali.

Selanjutnya adalah pemilihan kuas. Menggunakan kuas adalah senjata terpenting Anda ketika melakukan finishing dengan Mowilex. Semakin Anda menggunakan jenis kuas mahal maka hasilnya akan semakin halus. Kuas mahal memiliki bulu yang halus maka Anda akan semakin mudah mengaplikasikan Mowilex.

Kuas yang dipilih harus memiliki bulu yang terbuat dari nylon. Bulu nylon pada kuas sangat cocok digunakan pada kuas yang akan menggunakan cat water based. Bulu nylon cenderung tida meresap air dan membuat bulu menjadi keras. Ini yang harus Anda hindari ketika memilih bulu kuas.

Kuas yang terbuat dari bulu hewan akan menyerap air sehingga membuat bulu kuas menjadi kasar dan keras. Pemakaian akan menimbulkan brush mark karena tingkat keras yang ditimbulkan. Nah jika Anda ingin menggunakan cat water based selalu aplikasikan tipis saja dan bisa mengaplikasikan hingga beberapa lapis.

Cara Menggunakan Mowilex Kayu dengan KuasSetelah pemilihan kuas, selanjutnya adalah bahan apa saja yang dibutuhkan. Untuk bahan Anda bisa menggunakan cat Mowilex yang terdiri dari wood filler, wood stain dan juga top coat. Pilih masing-masing warna dar wood filler kayu dan juga wood stain sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu pilih top coat dengan tampilan yang Anda inginkan.

Untul alat lain yang Anda butuhkan adalah gelas plastik untuk pencampuran bahan, amplas 240 dan amplas 400 serta lap kering dan bersih. Kini Anda sudah siap untuk proses finishing dengan cat Mowilex.

  1. Aplikasikan Mowilex wood filler yang sudah dicampur dengan sediktit air. Pastikan Anda mengaduk hingga rata dan lanjutkan dengan menggunakan pisau palet atau kape. Aplikasikan wood filler hingga rata beralawanan dengan arah serat kayu. Cara ini dilakukan agar pori kayu terisi dengan baik menggunakan wood filler. Setelah itu tunggu wood filler menjadi kering. Amplas permukaan dengan amplas 240 hingga berubah menjadi halus dengan serat kayu yang terlihat jelas.
  2. Aplikasikan Mowilex wood stain sesuai pilihan warna Anda dan campurkan dengan air. Pastikan Anda menggunakan takaran air sesuai yang ada pada kemasan atau Anda bisa berkeksperimen untuk mendapatkan hasil finishing yang Anda inginkan. Selanjutnya adalah menggunakan kuas untuk proses pengecatan. Ambil kuas dan celupkan pada larutan Mowilex jangan sepenuhnya paling tidak hanya setengah bulu kuas. Setelah itu lanjutkan dengan proses aplikasi searah serat kayu dan ingat aplikasikan tipis saja karena Anda bisa mengulangi beberapa lapisan.
  3. Tunggu lapisan wood stain mengering dan jangan dijemur pada panas matahari. Pengeringan dengan panas matahari akan mempercepat kering wood stain namun tidak normal dan akan menimbulkan kerusakan seperti menggelembung. Nah jiaka sudah kering dengan baik lanjutkan proses pengamplasan dengan menggunakan amplas 400. Amplas ambang saja hanya untuk memperhalus permukaan kayu. Selanjutnya jika Anda merasa belum mendapatkan warna sesuai aplikasikan kembali Mowilex dengan larutan, Anda bisa mengaplikasikan hingga beberapa lapis.
  4. Langkah terakhir adalah aplikasi Mowilex top coat sesuai pilihan Anda. Aplikasikan Mowilex yang sudah dicampur dengan air. Proses aplikasi sama seperti wood stain hanya saja Anda bisa memberikan lapisan hingga dua kali. Selanjutnya Anda bisa menunggu lapisan top coat ini mengering dengan sendirinya selama 24 jam.

Tips Anti Gagal Finishing dengan Mowilex

Cara Menggunakan Mowilex Kayu dengan KuasAda banyak keluhan yang datang dari para pemula karena kegagalan yang dilakukan setelah proses pengecatan. Ada banyak kendala walaupun telah mengikuti cara aplikasi dengan benar. Namun apa yang membuat proses itu gagal? Berikut ini beberapa tips anti gagal yang bisa Anda ikuti:

  1. Pastikan larutan tepat, Anda harus memperhatikan berapa jumlah air yang dicampurkan dalam larutan cat. Maka jangan pernah mencampur didalam kaleng cat namun pindahkan ke wadah lain seperti gelas plastik sedikit demi sedikit. Cara ini akan membantu Anda untuk mendapatkan larutan yang tepat.
  2. Jika Anda akan mengaplikasikan pada furnitur atau kusen jendela pastikan telah melepas seluruh bagian yang tidak ingin terlapisi dengan cat. Misalnya saja bagian kaca atau knop. Hilangkan knop atau semua jenis logam dan tutup menggunakan selotip kertas. Maka cat tidak akan merembes ke dalam.
  3. Pastikan Anda mengaplikasikan cat di tempat yang bersih. Anda perlu menyiapkan ruang kerja, jangan sampai ruang kerja yang Anda miliki kotor dan penuh debu. Ruangan yang kotor akan mempermudah bahan debu dan kotoran merekat pada lapisan cat yang masih basah. Jadi Anda perlu memastikan bahwa menyimpan furnitur yang masih basah dalam ruangan yang kering dan juga bersih atau bebas debu.
beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply