Mengenal Jenis Cat Kayu

743
jenis cat kayu
jenis cat kayu banyak pilihanya

Salah satu material yang menjadi pilihan dalam komponen rumah adalah kayu. Sampai saat ini, furniture kayu merupakan jenis yang paling banyak digunakan dalam rumah tangga. Coba saja lihat perabot rumah tangga kita yang ada diumah, rata-rata menggunakan kayu. Sayangnya, furniture berbahan kayu ini dijual dengan harga cukup malah, karena memang bahan bakunya yang mahal. Karena itulah dibutuhkan perawatan untuk kayu dan furniture anda.

Keunggulan Cat Kayu

Di era modern, bahan bangunan pun semakin beragam, terutama yang mengambil dari alam. Salah satunya adalah kayu. Material kayu adalah material berarga, karena dijual dengan harga yang cukup malah. Karena itulah dibutuhkan cat pelapis kayu untuk membantu menambah umur dari kayu itu sendiri.  Sebelum memilih cat kayu, yuk kenali dahulu jenis cat kayu.

CS Biovarnish
jenis cat kayu
plitur atau varnish merupakan salah satu jenis cat kayu

Cat Kayu Politur

Cat politur adalah salah satu jenis cat kayu yang mengkilap dan telah digunakan sejak lama. Sangat mudah menemukan cat politur ini di toko-toko bangunan. Keunggulan cat politur sendiri yang tahan terhadap sinar UV membuat peminatnya tak pernah sepi.

Cat Kayu Akrilik

Jika anda ingin menampilkan hasil warna yang jernih dan warna muda, maka bisa gunakan cat akrilik ini. Biasanya cat akrilik digunakan untuk pelapis mainan anak, ruang bermain, dan tempat yang berkesan ceria, karena tahan terhadap noda, sehingga tak mudah kotor.

jenis cat kayu
jenis cat kayu terbaik untuk finishing

Cat Kayu Melamik

Cat kayu melamik biasanya digunakan untuk mengecat furniture rumah. Industri mebel  sangat akbrab dengan cat ini. Cat melamik menghasilkan pengecatan yang lebih rata. Sayangnya, cat melamik kurang cocok untuk furniture outdoor karena ia tak tahan dengan paparan sinar UV.

Polyurethane

Cat kayu polyurethane menghasilkan jenis cat kayu untuk outdoor yang mengkilap dan permukaan kayu yang semakin rata. Kayu juga akan nampak alami seperti kayu yang berada di hutan, cocok bagi anda yang memang menginginkan nuansa alam.

Cat Kayu Nitro Celluleso

Menggunakan cat kayu ini anda akan mengeluarkan budget yang tidak banyak, karena cat kayu ini hanya akan menghasilkan lapisan pengecatan yang tipis, sehingga tidak membutuhkan pemakaian yang banyak.  Kayu pun juga akan nampak alami walaupun tidak mengkilap.

Finishing Furniture Kayu Dan Perawatanya

Kayu rawan akan kerusakan, seperti dimakan rayap, retak, dan sebagainya. Bahkan dari kayunya sendiri saja bisa terjadi kecatatan, seperti serat kayu yang berbeda, adanya mata kayu, dan sebagainya.

jenis cat kayu
aplikasi cat kayu warna solid waterbased

Tak hanya itu, harganya yang mahal tentu membuat pemilik furniture kayu yang dimilikinya agar awet dan daya pakaianya bisa cukup lama. Karena itu dibutuhkan jenis cat kayu yang tepat untuk merawat furniture anda. Untuk membantu finishing furniture kayu dirumah anda dengan warna solid, bisa gunakan produk  Orchid cat kayu besi enamel paint.

  1. Siapkan furniture anda yang akan dilakukan pengecatan. Pastikan bebas dari minyak dan debu serta kotoran
  2. Siapkan cat Orchid sesuai warna yang diinginkan, karena Orchid sendiri memiliki beragam warna. Tambahkan air bersih kedalam cat hingga didapatkan kekentalan yang sesuai dengan alat yang digunakan
  3. Aplikasikan cat tersebut menggunakan roll, kuas, atau spray gun ke seluruh media. Biarkan selama 20-30 menit hingga mengering. Jika ingin hasilnya sempurna, ulangi prosesnya hingga 2-3 kali.
jenis cat kayu
furniture kayu dapat dirawat dengan biopolish linseed oil

Setelah anda melakukan finishing pada furniture kayu, jangan lupa untuk dirawat secara teratur. Untuk perawatan anda bisa menggunakan Biopolish Inseed Oil Beeswax Wood Polish and Furniture Care dengan tahapan :

  1. Gunakan kuas atau kain kering bersih untuk mengoleskan langsung pada seluruh permukaan media secara merata. Biarkan Biopolish meresap selama beberapa saat.
  2. Gunakan kain kering, lembut dan bersih untuk mennggosok dan memoles hingga mengkilap alami
  3. Lakukan secara rutin untuk mempertahankan keindahannya.
beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply