Mengenal Mebel Kayu Albasia

1085
Mengenal Mebel Kayu Albasia

Kayu albasia merupakan salah satu jenis kayu yang banyak dijumpai di Jawa. Kayu ini jenis kayu yang juga banyak dicari oleh para pengrajin kayu untuk dijadikan sebagai bahan baku olahan kayu yang beragam. Kayu albasia atau sering juga disebut dengan kayu sengon ini harganya juga lebih terjangkau dari pada jenis kayu yang lainnya. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa kayu ini memiliki kualitas yang rendah. Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai mebel apa saja yang terbuat dari kayu akasia, maka lebih baik kita mengenal terlebih dahulu mengenai karakteristik dari kayu albasia ini.

Dilihat dari segi kualitasnya, kayu albasia bukan merupakan jenis kayu yang tahan dan juga awet. Namun, tetap saja banyak pengusaha kayu yang tetap melirik kayu ini. Dibandingkan dengan kayu jati, kayu albasia memang kualitasnya ada dibawahnya. Kayu albasia ini memiliki tingkat keawetan dan ketahanan pada kelas IV. Hal tersebut tentu saja membuat kayu albasia ini bukan merupakan jenis kayu yang awet. Kayu ini juga mudah untuk diserang hama pemakan kayu dan juga jamur.

CS Biovarnish

Mengenal Mebel Kayu Albasia

Kayu albasia memiliki tekstur yang agak kasar dengan arah serat yang lurus dan ada pula yang bergelombang serta berpadu. Kayu ini apabila disentuh atau diraba, memiliki kesan yang licin pada bagian permukaannya. Selain itu, kayu albasia juga merupakan jenis kayu yang ringan, serta mudah untuk diproses. Tentu saja hal ini akan menguntungkan bagi para pengrajin kayu atau pengusaha kayu untuk menggunakan kayu ini sebagai bahan baku mereka.

Sebelum diproduksi menjadi berbagai kerajinan dan juga bahan olahan kayu, kayu albasia ini biasanya akan dilakukan proses treatment atau pengawetan dengan cara penyuntikan atau perendaman dengan menggunakan bahan kimia. Hal ini dimaksudkan agar kayu albasia ini lebih awet serta tidak mudah diserang oleh hama pemakan kayu atau rayap. Nah, sehingga bagi anda yang menginginkan kayu ini sebagai bahan baku untuk mebel atau furniture, maka anda tidak perlu khawatir akan tingkat keawetan dari kayu ini.

Kayu albasia selain digunakan untuk bahan bangunan, kayu ini juga banyak digunakan untuk industri permebelan. Ada banyak sekali mebel yang berkualitas yang dihasilkan dari kayu albasia ini. Apa saja mebel-mebel tersebut? Lemari, kursi, meja, rak dinding, rak tv, meja rias, lemari pakaian serta bahan untuk mebel yang lainnya. Ada pula kitchen set dari bahan kayu albasia yang dapat anda dapatkan dengan mudah.

Mebel dari kayu albasia ini dapat anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Bagi anda yang menginginkan mebel dengan harga yang terjangkau, maka tidak ada salahnya jika anda lebih memilih jenis mebel akasia ini. Agar tidak menyesal nantinya, maka anda perlu menanyakan secara langsung pada penjual mebel tersebut mengenai kualitas dari kayu albasia yang digunakan sebagai bahan mebel.

Mengenal Mebel Kayu Albasia

Secara umum, semakin tua kayu yang digunakan sebagai bahan mebel, maka mebel tersebut pastinya akan lebih tahan lama dan juga awet. Begitu pula dengan mebel kayu albasia yang beredar di pasaran sekarang ini. Rawat furniture anda dengan baik dan untuk mebel albasia ini sebaiknya anda letakkan untuk indoor saja agar lebih tahan lama dan juga tidak terkena air secara langsung.

Demikian hal sederhana mengenai mebel albasia untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan anda ketika anda memili mebel untuk perabotan rumah anda.

 

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply