Mudahnya Cara Mendempul Kusen Kayu Yang Keropos

2407
dempul-kayu-untuk-kusen

Kusen di rumah sudah mulai memudar dan keropos? Awali proses recoating dengan cara mendempul kusen kayu dengan produk dempul yang tepat.

Permasalahaan rumah yang mulai keropos seperti pada bagian seperti kusen, pintu, jendela maupun konstruksi rumah selalu menjadi permasalahan yang penting.

Hal ini tidak bisa dianggap remeh, karena selain akan memperburuk tampilan konstruksi rumah Anda bisa juga tidakakuat dan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti roboh. Sebuah bangunan akan memiliki umur pendek jika tidak dilakukan renovasi dan perawatan yang baik.

CS Biovarnish

Terlebih bagi Anda yang tinggal di perumahan, Biasanya developer pembanguann akan menggunakan berbagai material yang berharga murah, tentu saja harga murah diimbangi dengan kualitas yang kurang baik pula.

Nah hal ini yang harus disadari dan diwaspadai mulai sekarang. Jangan sampai Anda terlambat menyelamatkan bangunan rumah karena menganggap remeh hal-hal seperti ini.

Misalnya saja kusen kayu, bagi kusen yang menggunakan jenis kayu lunak pasti akan cepat dimakan oleh rayap dan mengakibatkan banyaknya lubang atau pengeroporsan. Mengatasi hal ini Anda bisa memperbaiki dengan cara mendempul kusen kayu yang benar dan tepat.

Ada banyak cara memperbaiki kusen kayu yang keropos, yang pertama adalah dengan menggunakan serbuk kayu  yang dicampur dengan lem kemdian di isi pada bagian yang keropos tersebut. Akan tetapi cara ini membutuhkan ketelatenan dan serbuk kayu. Anda bisa memilih dengan menggunakan dempul kayu yang bisa Anda dapatkan di toko besi atau toko online saat ini. Cara mendempul kusen kayu juga bukan hal yang sulit terlebih jika menggunakan produk yang tepat dan berkualitas. Kusen yang keropos bisa saja tidak terlihat secara kasat mata karena pengeroposan bisa terjadi pada bagian dalam saja. Anda bisa mencermati pada bagian sekitar kusen, jika terdapat serbuk kayu maka bisa jadi pengeroposan terjadi pada bagian dalam.

Mau Pilih Dempul Yang Mana?

Ada banyak dempul yang dijual di pasaran dan dengan cara mendempul kusen kayu yang berbeda-beda.  Dari berbagai macam dempul ini Anda harus memilih jenis dempul kayu yang kuat dan bukan dempul logam atau dempul dinding (plamir). Ada dua jenis dempul yang dibedakan sesuai dengan hasil yang diberikan. Pertama adalah dempul untuk hasil warna natural yang disebut dengan wood filler, kedua dempul untuk menutup warna kayu dan menghasilkan warna solid yaitu wood putty. Dua jenis dempul ini tentu memiliki ketebalan yang berbebda dan warna yang berbeda. Wood filler yang menghasilkan  warna natural memiliki jenis warna seperti kayu baik itu warna jati atau warna mahoni. Sedangkan dempul kayu wood putty memiliki warna yang menutup warna kayu yaitu putih atau abu-abu.

dempul-kayu-untuk-kusen

Hal yang harus dipahami dari dempul bukan hanya mengisi bagian keropos pada kusen tetapi dempul juga memiliki fungsi lain. Fungsi dempul yang utama adalah untuk menutup pori-pori kayu. Pori pada kayu berfungsi untuk menyerap kelembapan dan juga untuk tempat bersarang serangga seperti rayap. Ukuran dari pori jenis kayu berbeda-beda ada yang halus dan juga tidak. Nah untuk pori yang berukuran besar membutuhkan banyak dempul agar pori tidak berfungsi. Kelembapan yang diserap pada kayu akan menimbulkan jamur dan merusak serat kayu membuat kayu khususnya kusen cepat lapuk atau keropos. Sama halnya dengan serangga yang menggerogoti kayu juga menghasilkan pengeroporsan. Fungsi lainnya adalah untuk memudahkan proses finishing. Jika sebuah kusen memiliki permukaan yang rata dan datar maka proses finishingnya akan mudah terutama untuk hasil yang glossy. Permukaan kusen yang tidak rata akan mengacaukan pantulan sinar matahari terkena mata. Sehingga walaupun menggunakan produk cat tingkat glossy tinggi jika tidak didukung dengan permukaan yang rata hasilnya tidak akan maksimal.

Dari fungsi dempul kayu di atas maka saatnya Anda menentukan jenis dempul manakah yang akan digunakan. Dalam hal ini disarankan menggunakan dempul kayu water based. Dempul water based terbuat dari bahan dasar air dan juga bisa dilarutkan dengan air. Dempul jenis ini lebih aman dan juga tidak berbahaya karena tentu tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya yang digunakan. Lalu langkah selanjutnya adalah Anda melakukan cara mendempul kusen kayu yang benar.

Cara Mendempul Kusen Kayu Keropos Yang Mudah

Untuk mengawali mendempul Anda harus mempersiapkan alat-alat yang biasanya digunakan yaitu dempul kayu, kertas amplas, air dan pisau scrape. Mengapa menggunakan air? Karena dalam cara mendempul kusen kayu kali ini akan menggunakan produk wood filler water based yang sudah jelas aman. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kusen yangs udah keropos bersih dari lapisan coating sebelumnya. Lakukan pengamplasan dengan kertas amplas no. 180. Hilangkan serbuk amplas dan hilangkan juga bubuk kayu bekas rayap dengan kuas dan di lap menggunakan kain bersih dan kering. Jika masih ada serbuk maka akan mengurangi kinerja dempul kayu.
  2. Aplikasikan BioCide Insecticide pada bagian ksuen yang keropos, hal ini dilakukan untuk melindungi kayu dari serangga khususnya kumbang bubuk dari dalam kayu.
  3. Mengaplikasiakan wood filler dengan pisau scrape. Isi bagian keropos dengan dempul, sedangkan pada bagian kusen yang tidak keropos bisa mengguanakan pisau scrape atau dengan kain. Jika menggunakan kain campurkan wood filler dengan sedikit air kemudian usapkan sambil ditekan ke seluruh permukaan kusen kayu.
  4. Tunggu dempul hingga kering sekitar 20 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240. Amplas hingga permukaan kayu halus dan serta kayu terlihat. Perhatikan bagian yang keropos, jika dempul belum mengisi sepenuhnya, lakukan aplikasi wood filler berulang kali hingga didapatkan permukaan yang rata.
  5. Jika sudah selesai melakukan pendempulan, Ansa bisa melakukan proses pengecatan.

Temukan Produk Dempul Kayu Yang Sering Digunakan

Pentingnya dempul ini membuat Anda harus mendapatkan produk yang terbaik. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan produk Biovarnish Wood Filler yang sering digunakan oleh industri skala impor. Biovarnish Wood Filler juga mengandung anti jamur atau anti bakteri yang akan memberikan perlindungan dari luar ada kusen kayu. Perlindungan ini tentu saja akan mendukung kusen memiliki daya tahan lebih lama lagi. Apalagi jika kayu yang digunakan berjenis premium seperti kayu jati. Anda tentu membutuhkan dempul kayu jati yang unggul pula.

Selain itu juga kecepatan kering yang dihasilkan akan membuat Anda cepat dalam menyeelasaikan produk finishing. Kemudahan  pengamplasan didukung dengan dempul yang tidak terlalu keras dan juga tidak menghasilkan peeling sehingga Anda tidak akan boros.Mudahnya cara mendempul kusen kayu dengan Biovarnish tidak jauh berbeda dengan yang telah dijabarkan di atas.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan dempul kayu berkualitas Biovanrish Wood Filler bisa menghubungi ke nomor costumer service 0822 1935 7399 atau BBM di D69F376B. Pembelian langsung bisa dilakukan di alamat Jalan Sidikan no. 94 Yogyakarta.

beli biovarnish

Leave a Reply