Review 10 Merk Dempul Kayu Di Indonesia

6548
dempul kayu

Ada kualitas ada harga, hal itu tidak terjadi pada dempul kayu. Merk dempul beserta harga di Indonesia membuat Anda harus mencermati dalam review kali ini.

Mewujudkan finishing furniture yang memiliki nilai estetika tinggi bukanlah hal yang sulit terutama bagi Anda yang sudah berpengalaman. Dalam mewujudkan permukan furniture yang halus dan rata maka dibutuhkan produk yang disebut dengan dempul kayu. Produk dempul ini akan mengisi setiap pori-pori yang ada di dalam kayu serta memperbaiki cacat tesktur pada kayu sehingga permukaan terlihat serat dan halus. Ada dua jenis dempul tergantung dengan hasil akhirnya. Dempul kayu untuk hasil warna natural transparan dan juga dempul kayu untuk hasil warna solid. Dempul kayu warna natural transparan disebut dengan wood filler  warna natural transparan yang akan memperlihatkan serat kayu. Untuk jenis warna biasanya warna-warna kayu seperti jati, kamper, mahoni, dll. Untuk dempul kayu hasil warna solid disebut dengan wood putty. Tentu saja untuk mewujudkan warna solid, dempul harus menutup warna asli kayu serta seratnya. Pilihan warna wood putty sendiri adalah abu-abu dan putih.

Jika Anda melihat dua jenis dempul tersebut maka Anda tidak bisa salah menggunakannya karena hasilnya juga tidak akan sempurna. Jangan samapi terbailik dengan menggunakan wood putty untuk hasil warna natural transparan. Karena warna asli kayu akan tertutup dan serat kayu tidak akan terlihat. Sedangkan wood filler juga tidak bsia digunakan untuk finishing warna solid, kecuali pada merk tertentu yang produk wood filler memiliki dua fungsi baik itu untuk finishing solid dan natural. Di Indonesia sangat banyak merk dempul kayu yang bagus untuk kusen atau olahan kayu apapun yang beredar. Mau atau apa saja merk tersebut? Simak reviewnya dalam artikel ini.

CS Biovarnish

10 Merk Dempul Di Indonesia

  1. Biovarnish Wood Filler

Dempul ini diproduksi oleh Bio Industries salah satu pelopor cat water based di Indonesia. Kualitas produk ini sangat baik dengan mampu menutup pori-pori kayu dengan baik dan terbuat dari water based. Cara aplikasinya sangat mudah yaitu bisa langsung menggunakan pisau pallet atau bisa juga dengan mencampur Wood Filler Biovarnish dengan air dan mengaplikasikannya dengan system bal (kain putih) sambil ditekan-tekan. Harga Biovarnish Wood Filler adalah Rp. 26.000,- per kalengnya.

  1. BioColours Wood Putty

BioColours_Wood_PuttySama dengan Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Putty keluaran dari Bio Industries. Cara aplikasinya sama dengan Biovarnish, dimana Anda bisa menggunakan pisau pallet atau bal. Harga BioColours Wood Putty adalah Rp.26.000,- per kilogramnya, dengan pilihan warna abu-abu dan putih.

  1. Aqua Wood Filler

Aqua Wood FillerDempul ini adalah salah satu dempul natural transparan keluaran dari Propan. Harga per kalengnya adalah Rp. 25.000,-. Cara aplikasinya adalah aduk terlebih dahulu hingga dempul merata kemudian baru diaplikasikan menggunakan pisau pallet atau kain. Proses kering dempul membutuhkan waktu 45-60 menit.

  1. Impra Wood Filler

impra-wood-fillerMasih keluaran dari Propan, Impra Wood Filler adalah produk yang terbuat dari Nitrocellulose. Dempul ini membutuhkan bahan pelarut solvent atau thinner. Impra Wood Filler mampu menyerap warna wood stain secara merata, sayangnya produk ini kurang aman dan ramah lingkungan. Harga per kaleng Impra Wood Filler adalah Rp. 26.000,-.

  1. Mowillex Wood Filler

Mowilex WoodstainDempul kayu ini terbuat dari acrylic emulsion water based dengan pilihan warna yang cukup lengkap seperti jati, ramin, kamper, dll. Proses aplikasinya sama dengan produk-produk dempul pada umunya. Harga dari Mowilex Wood Filler adalah Rp. 32.500 per kalengnya.

  1. Belazo Wood Filler

Belazo Wood FillerJenis dempul kayu ini masih dengan bahan water based atau formula yang bebas racun dan bau untu proses aplikasinya. Hanya saja produk ini digunakan untuk finishing produk indoor saja karena tidak tahan terhadap panas terus menerus. Daya sebarnya 10 m2/ kg. Harga per kaleng Belazo Wood Filler adalah Rp. 40.000,-.

  1. Milan Wood Filler

Milan WoodfillerProduk dempul Milan Wood Filler terbuat dari alkyd resin dan bukan water based. Warna yang tersedia adalah ramin, sungkai, jati, kamper, dll. Cara aplikasinya hanya menggunakan pisau pallet saja ke seluruh permukaan kayu. Harga Milan Wood Filler per kalengnya adalah Rp.26.000,-.

  1. SanPolac

SanPolacDempul kayu (Wood Putty) ini terkenal dengan tampilan plastik. Karena cepat kering dan mengeras SanPolac tidak bisa memberikan tampilan yang halus dan datar. Untuk proses aplikasinya dibutuhkan hardener (resin). Harga per kaleng SanPolac adalah Rp. 35.000,-.

  1. Isamu

Dempul kayu Isamu tidak berbeda jauh dengan dempul SanPolac hanya saja aplikasinya tidak membutuhkan hardener (resin). Harga satu kaleng kecil Isamu cukup mahal yaitu Rp. 50.000,-.

  1. RJ Wall Putty

RJ Wall PuttySesuai dengan namanya dempul ini digunakan untuk dinding atau atap tetapi bisa juga digunakan untuk material kayu. Harganya lebih murah dibandingkan dempul lainnya yaitu Rp. 18.000,- per kalengnya.  Terbuat dari bahan Acrylic Copolymer Emulsion Putty. Proses aplikasinya pun mudah bsia dnegan pisau pallet atau dengan sistem bal.

Tips Mendapatkan Dempul Kayu Berkualitas

Setelah mengetahui merk dan review produk dempul kayu yang ada di Indonesia saatnya Anda memilih dempul yang berkualitas. Belum tentu semua merk dempul yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang sama atau memiliki kualitas yang terbaik. Jika Anda mencermati produk dempul diatas terdapat dua jenis bahan adalah water based dan juga solvent based. Produk dempul water based adalah produk yang aman dan ramah lingkungan sedangkan produk solvent bukanlah produk aman dan ramah lingkungan.

dempul kayu

Di bawah ini tips dalam memilih produk dempul kayu yang berkualitas:

  • Gunakan dempul sesuai hasil akhir yang Anda inginkan. Gunakan wood filler untuk hasil warna natural tarsamarkan dan gunakan wood putty untuk hasil warna solid.
  • Lihat daya tarika dempul jika daya tariknya panjang dan tidak muncul keretakan maka dempul tersebut bagus dan dapat mengisi pori-pori kayu dengan baik. Jika retak maka dempul tersebut tidak melekat dengan baik ada substrat kayu.
  • Bau, ketika Anda mendapati bau menyengat pada dempul maka produk tersebut memiliki kandungan formalin yang tinggi, hal ini juga berlaku pada jenis dempul water based. Maka slelalu pilih dempul yang tidak mengeluarkan bau yang menyengat.
  • Kecepatan kering. Dempul kayu yang cepat kering akan membuat pekerjaan Anda cepat selesai. Terlebih jika dempul tersebut dapat cepat kering tanpa panas matahari.
  • Mudah diamplas, dempul yang mudah diamplas menandakan bahwa dempul mengisi pori-pori kayu dengan baik. Selain itu ada dua ciri dempul mudah diamplas yaitu proses pengamplasan ringan, kedua proses pengamplasan tidak peeling. Dempul yang diamplas tidak peeling maka tidak akan menimbulkan keborosan.

Pada artikel ini telah dijelaskan apa saja merk dempul yang ada di Indonesia dari kualitas premium hingga yang memiliki harga paling murah. Tips memilih dempul kayu yang berkualitas juga bisa Anda gunakan, semoga Anda bisa mendapatkan produk dempul yang berkualitas dan harga yang sebanding.

beli biovarnish

Leave a Reply