Temukan Tips Cara Mendempul Kayu

1196
dempul

Kunci keberhasilan cara mendempul kayu meliputi teknik pengamplasan, jenis amplas dan juga produk dempul yang berkualitas. Temukan tipsnya dalam artikel ini.

Apa yang dibutuhkan untuk permukaan kayu yang cacat? Tidak lain adalah dempul. Fungsi utama dempul adalah menutup pori-pori kayu dan memperbaiki cacat permukaan yang ada. Jenis material serat adalah jenis material yang paling sering atau banyak memiliki cacat permukaan seperti berlubang, tekstur tidak rata, warna yang berbeda, dll. Hal ini perlu diatasi dengan cara mendempul kayu yang tepat dan menghasilkan permukaan rata, halus, dan memiliki warna yang sepadan. Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan permukaan kayu yang halus:

  • Memilih jenis amplas untuk dempul. Setelah diaplikasikan dempul pada permukaan kayu maka harus diamplas untuk meratakannya dan menekan dempul masuk ke dalam pori-pori.  Anda bisa menggunakan amplas alumunium oxide no. 240.
  • Jumlah aplikasi. Dalam mengaplikasikan dempul Anda bisa melakukannya berulangkali setiap tahapannya. Akan tetapi lapisi secara tipis-tipis saja agar dempul masuk benar dan merata ke dalam pori-pori. Jika Anda mengapilkasikan dalam jumlah banyak dan tebal maka kemungkinan besar dempul tidak akan menutup pori-pori.
  • Teknik pengamplasan. Ketika mengamplas Anda bisa menggunakan balok kayu agar penekannnya rata. Jiks Anda menggunakan jari kemungkinan besar permukaan tidak rata karena tekanannya tidak sama.
  • Pilih produk dempul yang sesuai dengan jenis materialnya. Tidak hanya kayu yang diaplikasikan dempul tetapi juga bisa besi. Ada tiga jenis dempul yaitu dempul logam, dempul dinding dan dempul kayu. Sesuakan penggunaannya.

Lakukan Cara Mendempul Kayu Berikut

CS Biovarnish

dempulTerapkan secara langsung cara mendempul kayu sesuai dengan tips yang di atas dan dipadukan dengan cara yang ada di kemasan produk. Ikuti cara mendempul dengan menggunakan Biovarnish Wood Filler:

  1. Material harus bersih dan kering. Lakukan pengamplasan terlebih dahulu jika permukaan material masih tidak rata. Jika masih ada lapisan coating yang lama lakukan pengamplasan hingga lapisannya hilang semua. Ada bisa menggunakan amplas no. 180. Jangan lupa untuk membersihkan serbuk amplas dengan kain lap.
  2. Ratakan Biovarnish Wood Filler dengan pisau scrape atau bisa diusap dengan kain bersih. Jika menggunakan kain tambahkan air sedikit perbandingan 4 bahan : 1 air. Jika sudah rata tunggu kering sekitar 20 menit. Jika sudah kering amplas dengan amplas no. 240.
  3. Jika setelah diamplas terlihat serta kayu maka dempul sudah masuk ke dalam pori-pori. Raba permukaan kayu jika masih kurang halus Anda bisa mengamplasnya kembali. Jika masih banyak cacat permukaan lakukan pendempulan kembali.

Produk Dempul Yang Disarankan

Produk yang direkomendasikan adalah Biovarnish Wood Filler. Jika Anda mengikuti langkah-langkah cara mendempul kayu kusen yang mudah dalam artikel ini maka akan dipastikan permukaan kayu akan berubah menjadi halus dan juga memiliki tampilan natural sempurna. Penggunaan dempul difungsikan untuk finishing close pore yang menutup poi-pori kayu agar tidak berfunsgi dalam menyerap kelembapan. Produk dempul Biovarnish memiliki banyak kelebihan yaitu cepat kering sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk pengamplasan. Tarikan yang panjang sehingga dempul sudah masuk benar ke dalam pori-pori kayu. Ketika pengamplasan akan terasa mudah karena lapisan yang empuk. Yang paling penting adalah aman dan rmaah lingkungan. Biovarnish Wood Filler formulanya telah disesuaikan dengan standar regulas ECHA dan US EPA sehingga tidak banyak kandungan zat kimia berbahaya. Anda bisa memastikan keamanannya dengan lebel aman yang tertera pada produk. Bahkan Anda bisa merasakannya sendiri yaitu dengan debu amplas yang tidak menyengat atau menusuk hidung. Anda bisa membandingkannya dengan produk dempul berpelarut solvent yang ketika diamplas pasti menimbulkan penyakit seperti pusing, batuk dan sangat menusuk hidung.

beli biovarnish

Leave a Reply