Fungsi Sanding Sealer Dan Pengertiannya

3690
Pengertian Dan Fungsi Sanding Selaer

Bagi Anda yang masih awam di bidang industri finishing pahami dulu apa itu fungsi sanding sealer beserta dengan pengertiannya.

Dalam dunia finishing ada tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil lapisan film yang kuat dan juga berpenampilan menarik. Untuk lapisan yang lengkap dimulai dari base coat, main coat, coloring dan juga top coat. Keempat langkah tersebut akan menghasilkan lapisan yang sangat kuat. Untuk lapisan base coat sendiri terdiri dari dempul kayu dimana pori-pori kayu akan ditutup dan cacat tekstur pada kayu akan tidak terlihat karena penggunaan dempul ini. Selanjutnya adalah lapisan main coat. Lapisan ini diaplikasikan sesudah lapisan base coat dan fungsinya adalah untuk lapisan pelindung dan memperindah tampilan benda atau media kayu. Selanjutnya adalah coloring, fungsinya adalah memberikan warna baik itu warna solid maupun warna natural transparan. Dan terakhir adalah lapisan top coat yang berfungsi sebagai lapisan terakhir dan penguat dari lapisan dibawahnya. Lalu dimanakah letak sanding sealer dan apakah fungsi sanding sealer?

Pengertian Dan Fungsi Sanding SelaerPengertian sanding sealer adalah istilah yang sering ditemukan dalam finishing kayu dan digunakan sebagai hasil finishing warna  natural transparan. Sedangkan untuk warna solid disebut dengan primer coat. Sanding sealer adalah jenis main coat berwarna natural sehingga akan mengekspose warna asli dari kayu serta serat alami dari kayu tersebut. Fungsi sanding sealer sendiri tidak jauh berbeda dengan main coat yaitu pertama adalah untuk melindungi substrat kayu dan juga untuk memberikan penampilan media kayu.

CS Biovarnish

Cara Memilih Sanding Sealer

Berdasarkan fungsi sanding selaer di atas maka Anda harus mengetahui kualitas seperti apakah sanding sealer yang harus Anda cari. Di Indonesia sangat banyak merk sanding sealaer yang diperjual belikan, tetapi jenis seperti apakah yang memiliki kualits terbaik? Ada dua hal yang harus Anda perhatikan yaitu kualitas daya rekat dan juga kualitas dari daya tutup. Untuk penjelasan lebih lengkapnya berikut ini penjelasannya lebih lanjut:

  1. Kualitas Daya Rekat Sanding Selaer

Kualitas daya rekat adalah kamampuan sending selaer merekat pada permukaan media yang dilapisi. Kaulitas daya rekat sanding sealer yang buruk akan menimbulkan lapisan mudah pecah bahkan mengelupas. Pengetesan daya rekat sanding selaer biasanya dilakukan oleh produsen cat dengan test cross cut atau standar test ASTM. Maka Anda harus memilih produk dengan daya rekat kuat.

  1. Kualitas Daya Tutup Sanding Sealer

Daya tutup yang dimaksukan adalah kemampuan sanding sealer dalam menutup cacat tekstur yang biasanya terdapat pada permukaan kayu. Jika Anda mendapatkan cacat tekstur kayu dan memilih sanding sealer yang berkualitas pasti akan ditutup dengan baik. Hal ini akan memudahkan proses finishing selanjutnya karena permukaan kayu sudah berubah menajdi lebih halus dan rata.

Dengan memenuhi kualitas daya tutup dan juga daya rekat, fungsi sanding sealer akan secara otoatis Anda dapatkan.  Salah satu produk yang bisa Anda gunakan adalah BioColours Sanding Sealer. Produk yang dihasilkan ini adalah salah satu produk yang sangat mudah untuk diaplikasikan dan memenuhi kaulitas saning selar terbaik. Selain dari itu, BioColours Sanding Selaer terbuat dari bahan water based yang tidak mengandung bahan kimia ebrbahya untuk ekshetan manusia. ApakahA dna mememeperhatikan keshetan dari tubuh Anda dan keluarga yang lain? Amka sebaiknya semua furntuire kayu atau serat alam di rumah mengguankan BioColours Sanding Selaer ini.

Cara Menggunakan Sanding Sealer

Jika fungsi Sanding Sealer adalah untuk pelindung dan juga memberikan penampilan warna natural transparan, maka BioColours Sanding Sealer akan memenuhinya. Anda cukup menyediakan air dan juga spray gun beserta kompresor untuk melakukan aplikasi. Selain cat sealer yang bagus, Anda juga membutuhkan bahan lain seperti dempul, coloring dan juga top coat. Di bawah ini cara aplikasi BioColours series lengkap untuk mendapatkan hasil finishing warna natural, transaparan.

  1. Siapkan media kayu dengan MC kayu 12% atau kering benar dan juga bebas dari kotoran atau debu kayu. Ini akan mempengaruhi mudahnya tumbuh jamur atau tidak dan juga untuk memudahkan cat menempel dengan baik pada permukaan kayu.
  2. Aplikasikan Wood Filler pada seluruh permukaan kayu dengan pisau scrape ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Pastikan pori-pori kayu tertutup dengan baik. Dan tunggu kering sekitar 20 menit. Lalu amplas permukaan kayu dengan kertas amplas no. 240 hingga permukaan kayu berubah menjadi lebih halus.
  3. Campurkan BioColours Sanding Selar dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering sekitar 60 menit. Amplas dengan kertas amplas no. 400 dan diamplas ambang saja.
  4. Campurkan BioColours Wood Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Anda bisa memilih warna Wood Stains sesuai selera. Semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 400. Jika warna kurang sesuai Anda bisa mengaplikasikan kembali Wood Stain hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  5. Untuk lapisan terakhir Anda bisa menggunakan BioColours Clear Coat dan memilih tingkat glossy yang sesuai atau yang diinginkan. Caranya adalah campurkan Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Aplikasikan dengan spray ke seluruh permukaan kayu dan tunggu kering sentuh sekitar 20 menit. Lapisan coating glossy ini akan kering sempurna setelah semalaman.

Cara Mendapatkan BioColours Sanding Sealer

Jika Anda melihat fungsi sanding sealer yang amat penting maka pilihan sanding sealer berbahan air seperti BioColours Sanding Sealer ini akan menjadi pilihan Anda yang terbaik. Pasalanya produk ini sudah sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Jika produk sudah memenuhi standar regulasi tersebut maka cat tersebut sudah tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Terutama kandungan VOC (Volatile Organic Compund) yang bisa mengakibatkan polusi udara di dalam ruangan. Bagi Anda yang mengutamakan kesehatan. Produk BioColours Sanding Sealer menjadi produk yang tepat.

Pemesanan produk dari BioColours Sanding Sealer ini bisa langsung ke nomor WA 0822 1935 7399 atau 082219357640 bisa juga BBM D69F376B. Anda juga bisa datang langsung ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta.

beli biovarnish

Leave a Reply