Perkembangan Teknologi Tentang Cat Kayu Tahan Air dan Panas

1585
cat-kayu-untuk-furniture

Keutuhan finshing memerlukan cat kayu tahan air dan panas yang mampu melindungi dan juga warna yang awet.

Dalam dunia finishing terutama finishing mebel, cat kayu adalah fungsi penting sehingga produk cat harus dipilih yang terbaik baik dari segi ketahanan, warna yang tajam, segi harga dan segi aplikasi yang mudah. Sebelum cat kayu dikenal orang zaman dahulu menggunakan sheerlac gum yang dibuat dari resin serangga di Indonesia dan Thailand. Warna yang dihasilkan adalah warna natural kayu. Dengan perkembangan teknologi maka diciptakanlah cat kayu yaitu pernis dan sekarang berkembang menjadi jenis pernis kayu water based. Pada awalnya cat water based atau semua produk cat tidak tahan terhadap panas matahari terlebih lagi air hujan.  Namun sekarang Anda sudah bisa menemukan banyak merk cat kayu tahan air yang tahan terhadap panas, air hujan atau musim lainnya.

Mebel yang tidak dilapisi oleh cat maka akan cepat rusak entah itu karena perubahan cuaca, karena rayap yang menggerogoti tekstur kayu, bahkan hingga  mengacu pada kesehatan manusia sebagai penggunanya. Fungsi pernis kayu untuk melindungi baik kayu maupun pengguna ini merupakan faktor yang diperhatikan lebih dalam lagi karena disinialah Anda akan menentukan merk cat kayu apa yang cocok demu mewujudkan mebel berkualitas.

Produk Finishing Cat Kayu Tahan Air dan Panas

CS Biovarnish

cat-kayu-untuk-furniture

Ada banyak macam faktor yang harus diperhatikan dalam memilih produk finishing. Mulai dari segi hasil yang akan didapatkan, hingga harga yang akan mempengaruhi budgeting. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda dalam menentukan cat kayu anti air dan panas mana yang cocok dengan harga sesuai:

  1. Tentukan warna kayu. Jika Anda memerlukan cat kayu warna natural maka pilih dengan cat natural transparan, jika Anda membutuhkan cat untuk menutup warna kayu maka pilih cat kayu warna solid.
  2. Pilih cat eksterior. Dalam menentukan cat yang tahan terhadap air dan panas maka pilihan utama jatuh kepada cat kayu outdoor. Cat outdoor memang diciptakan dengan formula yang kuat terhadap perubahan cuaca. Sedangkan cat untuk indoor cenderung tidak tahan perubahan cuaca kebanyakan hanya tahan terhadap kelembapan saja. Bahkan hasil warna dari cat kayu outdoor akan lebih tajam.
  3. Pilih jenis finishing. Ada dua jenis finishing yaitu close pore dan open pore. Finishing close pore biasanya menggunakan seri cat lengkap mulai dari base coat, coloring dan juga top coat. Jika menggunakan rangkaian cat tersebut maka akan menutup pori-pori kayu yang berfungsi untuk menyerap air. Maka air tidak akan masuk ke dalam substrate kayu.
  4. Cat kayu water based. Den mengikuti perkembangan teknologi, cat water based adalah salah satu jenis cat yang terkini atau terbaru. Anda hanya membutuhkan bahan pencampurnya adalah air buan thinner. Dalam segi kesehatan, cat kayu water based tentu tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti cat solvent. Anda akan aman dan terbebas dari bahan kimia seperti formalin, merkuri atau timbal.

Dari berbagai ciri cat kayu yang tahan air dan panas tersebut , tentu Anda sudah bisa menentukan merk cat yang bagus untuk dipilih. Jika Anda memilih cat, cat kayu Biovarnish dengan warna natural bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan memenuhi standar cat kayu di atas, cat kayu Biovarnish bisa dijadikan pilihan utama untuk finishing warna natural transparan.

beli biovarnish

Leave a Reply