Cat Kayu Anti Air dan Panas Untuk Kusen Di Segala Cuaca

5752
Finishing Kusen dan Furniture

Sering mengeluh tentang kusen yang rusak karena tidak tahan perubahan cuaca baik itu hujan dan panas? Dapatkan solusinya dengan cat kayu anti air dan panas Biovarnish.

Warna kusen yang pudar karena pans matahari yang menyengat, serangga rayap yang menggerogoti kusen dari dalam bahkan kusen yang cepat sekali keropos bisa dalam jangka waktu satu tahun akan mempengaruhi tampilan rumah Anda. Padahal awalanya Anda mendesain kusen yang manarik dan sesuai dengan tema rumah.

Kusen dari kayu yang Anda gunakan bergaya unik tetapi tidak tahan lama hanya karena salah mengunakan bahan finishing di awal pembuatan.Misalnya saja Anda menginginkan rumah dengan gaya natural tetapi pada akhirnya Anda harus mengganti kusen karena kualitasnya yang buruk maka akan menguras keuangan Anda karena hal yang sebenarnya sepele dan bisa diperbaiki atau direncanakan dari awal.

CS Biovarnish

Kusen tidak hanya befungsi sebagai penghias dan pelengkap gaya rumah tetapi juga sebagai tempat memasang jendela dan ksuen. Tanpa adanya kusen, jendela dan pintu tidak akan terpasang dengan baik. Pentingnya fungsi kusen ini Anda harus memperhatikan, jangan sampai karena kusen yang keropos, pintu dan jendela akan cepat rusak.

Dengan menggunakan merk cat kayu yang bagus dan tahan lama yang tepat permasalahan tersebut tentu tidak akan Anda alami. Saat ini sudah sangat banyak cat kayu kusen yang anti air dan tahan panas beredar di pasaran tetapi Anda harus selektif dalam memilih produk-produk tersebut.

Bukan hanya Kusen, Furniture Juga Harus Diperhatikan

Berfikirlah lebih luas, kebutuhan perlindungan kayu tidak hanya terbatas pada kusen saja. Furniture pun membutuhkan perlindungan agar tidak cepat rusak. Furniture yang notabene banyak digunakan di dalam ruangan juga harus dilindungai. Jika cuaca tidak menentu terutama jika curah hujan tinggi seperti di Indonesia ini, maka tingkat kelembapan di dalam ruangan  juga akan meningkat.

Uap air yang dibawa kelembapan ini akan diserap oleh furniture kayu. Kekurangan inilah yang harus diatasi oleh cat kayu anti air. Jadi air bukan hanya berwujud hujan saja tetapi juga terdapat pada kelembapan. Furniture akan berubah menjadi lebih rapuh karena kelembapan tidak diatasi  sejak dini.

Finishing Kusen dan Furniture

Untuk furniture, ada banyak jenis kayu yang sering digunakan. Terlebih kayu dengan harga yang murah seperti kayu pinus atau kayu jati belanda. Kayu ini juga banyak digunakan karena stoknya masih sangat banyak di Indonesia. Sayangnya kayu pinus dan kayu jati belanda termasuk kayu lunak atau softwood.

Perlidungan untuk kayu lunak harus lebih dibandingkan dengan hardwood. Kayu lunak maka jemur dan juga serangga akan sangat cepat menggerogoti. Selain itu tampilan dari warna kayu pinus juga sangat menarik. Warna asli kayu yang putih cerah dan serat yang menarik sangat cocok jika di finishing dengan warna natural kayu.

Jika sudah mengerti pentingnya furniture dan kusen kayu harus dilindungi maka produk manakah yang harus digunakan? Dengan berbagai macam produk finishing yang memberikan tawaran cat kayu anti air, produk Biovarnish yang paling banyak dibutuhkan dan sudah banyak digunakan di industri perkayuan Indonesia.

Ketahanannya terhadap air membuat Biovarnish merupakan merk cat terbaik untuk kayu kusen, bahkan bisa juga digunakan untuk furniture outdoor. Tidak seperti produk finishing konvensional lainnya yang hanya memberikan perlindungan pada furniture indoor saja. Dengan satu produk Anda bsia melakukan finishing dari furniture indoor hingga outdoor.

Cara Aplikasi Cat Kayu Tahan Air Biovarnish Yang Mudah

Melakukan finishing dari awal lebih baik daripada kusen atau furniture Anda sudah terlanjur rusak dan sudah tidak bisa diperbaiki kembali. Padahal menggunakan produk plitur kayu tahan air dan panas merk Biovarnish bukanlah hal yang sulit. Anda bisa mengikuti langkah mudah berikut ini:

  1. Media kayu yang akan difinishing harus bersih, kering. Media kering memiliki MC 12%,. Jika media kayu masih basah maka cat kayu anti air pun tidak bisa mencegah pertumbuhan jamur pada kayu. Untuk tingkat kebersihan, jangan samapai masih ada kotoran yang menempel contohnya saja sisa lem yang digunakan. Gunakan ampals dan amplas bersih sisa lem atau kotoran yang masih menempel. Jangan lupa bersihkan serbuk amplas agar tidak mengganggu hasil cat kayu.
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler. Kayu kusen atau furniture pasti memiliki banyak cacat seperti tekstur yang tidak rata. Untuk cacat tekstur yang dalam, isi dengan Biovarnish Wood Filler menggunakan pisau pallet. Untuk permukaan yang datar maka campurkan Biovarnish Wood Filler dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk rata. Oleskan menggunakan kain katun bersih dan kering sambil ditekan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering sekitar 20 menit kemudian dilanjutkan pengamplasan. Amplas dengan kertas amplas alumunium oxide no. 240 hingga halus dan rata sampai serat kayu terlihat. Jika bagian cacat yang dalam masih belum rata isi kembali dengan Biovarnish Wood Filler.
  3. Gunakan Biovarnish Wood Stain. Untuk aplikasi ini Anda cukup mencampurkan dengan air perbandingan bahan :1 air dan aduk hingga homogen. Kuaskan cat pada seluruh permukaan kayu searah serat kayu jangan berlawanan. Jika berlawanan maka hasilnya serat kayu tidak akan terlihat. Tunggu kering sekitar 60 menit tanpa dijemur di bawah panas matahari kemduian amplas kembali. Amplas dengan kertas amplas no. 400 diampals ambang saja agar cat tidak mengelupas semua.  Jika warna belum sesuai dengan yang diinginkan maka aplikasikan kembali Biovarnish Wood Stain.
  4. Gunakan Biovarnish Claer Coat. Untuk lapisan ini terdapat dua tingkat glossy yaitu coating doff dan gloss, pilih sesuai yang dibutuhkan. Campurkan Biovarnish Clear Coating dengan air dan aduk hingga rata. Aplikaskan dengan kuas searah serat kayu kemudian tunggu kering semalaman. Maka akan terbentuk lapisan film yang kuat yang mampu melindungi dari air, panas, serangga dan jamur.

Kelebihan Yang Dibutuhkan Pada Produk Cat Kayu Tahan Air

regulation BiovarnishMemilih produk cat kayu anti air dan panas atau  merk plitur kayu ini tidak bisa sembarangan karena Anda harus memikirkan efek jangka panjang yang diberikan produk cat tersebut. Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan mengenai efek jangka panjang ini yaitu penampilan dan kedua kesehatan Anda sebagai pengguna cat. Untuk efek jangka panjang sudah tentu semakin lama cat awet digunakan dan penampilan standar maka semaikn baik produk tersebut. Sedangkan produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk tubuh itu yang tidak akan merugikan kesehatan Anda di masa mendatang.

Seperti yang terdapat dalam rpoduk Biovarnish. Kandungan bahan kimia beracun yang sering digunakan dalam cat tidak ada karena Biovarnish pembuatannya mengacu pada standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Tidak ada kimia beracun seperti timbal, lead, fomalin, dll. Bahkan kandungan VOC (Volatile Organic Compound) yang ditakuti mencemari lingkungan sangat rendah di bawah ambang batas yang telah ditentukan. Jika Anda masih berpikir dua kali dalam menggunakan Biovarnish, bisa jadi kusen dan furniture di rumah Anda tidak akan bertahan lama.

beli biovarnish

Leave a Reply