6 Langkah Jitu Tips dan Trik Mengecat Pintu Dengan Mudah

1294
tips dan trik mengecat pintu menggunakan biovarnish

Bagian rumah yang paling cepat terlihat kusam adalah pintu utama. Ingin memebuat pintu terlihat baru kembali? Ikuti 6 tips dan trik mengecat pintu dengan mudah berikut ini.

Fungsi pintu uama yang paling penting adalah untuk tempat keluar masuknya penghuni rumah atau tamu. Sayangnya pintu utama pasti cepat sekali rusak terlebih jika Anda menggunakan jenis kayu softwood yang ringan dan mudah sekali tereserang jamur.

Pintu utama sudah menggunakan produk finishing yang bagus sejak awal, tetapi produk finishing terbaik yang digunakan pasti memiliki umur dan tidak selamanya akan melindugi dengan baik. Daripada Anda membeli pintu yang baru mengapa tidak mencoba untuk mengecat ulang?

CS Biovarnish

Dalam tips dan trik mengecat pintu kali ini Anda akan mendapatkan 6 langkah mudah dalam mewujudkan tampilan pintu lama terlihat baru kembali. Ada dua jenis kerusakan yang dialami pintu yaitu berikut ini:

  1. Kerusakan Ringan. Rusaknya pintu pada rusak ringan ini tidak terlalu perah. Anda mungkin bisa melihat warna yang memudar tetapi sebenarnya warna asli pintu masih terlihat jelas. Ada sedikit jamur permukaan yang bisa Anda hapus dengan lap tetapi dalam jangka waktu dekat jamur tersebut akan timbul kembali. Sebelum pintu menjadi rusak lebih parah atau penampilannya lebih rusak parah maka sebaiknya lakukan pengecatan ulang. Langkah pengecatan ulang ini tidak terlalu sulit karena hanya membutuhkan produk top coat sja. Karena warna pintu masih bagus Anda hanya membutuhkan lapisan luar saja. Untuk mencegah jamur permukaan timbul maka campurkan top coat dengan obat anti jamur permukaan seperti BioCide Surface Film Perservative. Lapisan top coat akan cukup melindungi pintu rumah Anda dan membuatnya terihat baru kembali.
  2. Kerusakan Parah. Kerusakan apda tahapan ini sudah membuat pintu hampir tidak berfungsi kembali. Mungkin pada saat pintu masih rusak ringan Anda tidak merwatnya kemudian kerusakan prah akan timbul. Anda akan emlihat lapisan coating pada pintu sudah mengelupas dan terjadi banyak perbedaan jamur. Bahkan jamur permukaan bisa juga sangat banyak dan sulit dihilangkan. Bisa dikatakan 70% kondisi coating sudah tidak dapat berfungsi dengan baik dalam melindungi dan juga memberikan penampilan menarik ada pintu. Pintu yang sudah rusak parah ini memerlukan tips dan trik mengecat pintu yang lebih rinci lagi agar pintu rusak parah bisa terlihat baru kembali.

6 Langkah Mudah Dengan Tips dan Trik Mengecat Pintu

Pintu rumah Adna rusak parah, Anda berencana untuk mengganti pintu dengan yang baru? Harga pintu yang bagus saat ini juga tidak murah. Anda bisa melakukan pengecatan ulang saja tanpa membeli pintu yang baru. Untuk melakukan pengecatan pun tidak membutuhkan bantuan tukang. Mengapa Anda membutuhkan tukan g jika ternyata bisa melakukan sendiri dan juga ternyata mudah. Dengan 6 tips dan trik mengecat pintu tanpa tukang di bawah ini Anda bisa melakukannya pengecatan kapan saja. Bahkan ada banyak keuntungan selain hemat biaya Anda juag bisa sedikit berolahraga yang hasilnya bisa memberikan kepuasan batin.

  1. Membersihkan pintu

Kerusakan pintu yang sudah parah akan benyak meninggalkan cacat pada permukaan kayu. Belum lagi masih ada sisa coating yang lama. Bersihkan lapisan coating tersebut dengan Bio remover atau dengan amplas (gunakan amplas no. 180). Jika masih banyak coating yang sulit maka Anda bisa menggunakan pisau cutter secara perlahan dan jangan sampai merusak tekstur kayu.

  1. Menutup bagian yang tidak akan di cat

Pasti ada banyak bagian pintu yang tidak akan dicat seperti knob dan engsel. Berikan lapisan atau tutupi dnegan lakban kertas secara rapat. Lapisan cat yang mengenai knob atau engsel pintu akan sulit dihapus nantinya maka Anda harus menutupinya secara rapat.

  1. Meratakan permukaan kayu

Untuk hasil yang sempuran Anda harus meratakan permukaan kayu, lalu bagaimana dengan kayu yang banyak cacat tekstur? Gunakan wood filler untuk mengisis cacat tekstur tersebut. Gunakan kain katun yang bersih dan kering, usapkan wood filler yang sudah diencerkan dengan air ke seluruh permukaan pintu sambil ditekan. Hal ini penting agar wood filler mengisi pori-pori kayu dengan baik. Untuk bagian cacat tekstur Anda bisa mengisi dengan wood filler berulang kali hingga tertutup dengan baik.

  1. Lakukan dengan kuas

Untuk teknik pengecatan yang mudah Anda tidak memerlukan kompresor atau spray gun. Gunakan kuas saja dan ukurannya disesuaikan dengan bidang yang akan dicat. Misalnya untuk ketebalan pintu gunakan kuas berukuran kecil dan aplikasikan secara vertikal. Sedangkan untuk bidang pintu yang luas Anda bisa menggunakan kuas berukuran besar dan secara horisontal.   Pilih produk cat yang tidak meninggalkan bruhs mark contohnya seperti Biovarnish Wood Stain.

  1. Ualngi pengecatan

Untuk hasil yang sempurna Anda bisa mengulangi pengecatan misalnya saja warna kurang cerah maka Anda bsia ulangi aplikasi hingga mendapatkan warn yang diinginkan. Tetapi ingat, baisanya jika cat warna natural semakin sering digunakan maka akan semakin tua atau gelap.

  1. Aplikasikan top coat

Hasil akhir akan ditentukan oleh top coat yang merupakan cairan transparan dengan hasil lapisan film. Tampialn dar top coat setelah diaplikasikana adalah tingkat glossy. Tentu saja Anda bisa memilih tingkat glossy sesuai dengan keingan Anda. Lapisan film dari top coat yang bagus akan memberikan perlindungan dari perubahan cuaca, serangga dan juga jamur.  Sama seperit pada pintu dengan kerusakan ringan, Anda bisa menambahkan BioCide Film Preservative.

Apa Produk terbaik Untuk Menguba Pintu Lama Terlihat Baru Kembali?

Mengtenai tips dan trik mengecat pintu di atas akan sangat membantu Anda dalam mendapatakan tampilan pintu yang baru. Dari 6 langkah mudah di atas terdapat hal penting yaitu produk dan macam produk yang digunakan. Untuk jenis produk yang digunakan dimulai dari base coat, coloring dan juga top coat. Ketiga produk tersebut adalah kunci keberhasilan Anda mencipatakan pintu yang berpenampilan baru. Dimulai dari base coat yang merupakan dempul pintu kayu, Anda bisa menggunakan depul kayu produk Biovarnish Wood Filler. Dempul kayu bio ini mampu menutup pori kayu dan cacat tekstur pada kayu untuk menghasilkan warna natural yang menarik.

tips dan trik mengecat pintu menggunakan biovarnish

Produk coloring yang Anda butuhkan untuk memberikan hasil warna natural cerah dan menarikan adalah Biovarnish Wood Stain. Aplikasi dengan kuas yang mudah dan tidak meninggalkan brush mark adalah sebuah keuntungan yang harus Anda manfaatkan. Yang terakhir adalah top coat kayu, produk yang bisa Anda gunakan adalah Biovarnish Clear Coat dengan hasil gloss atau doff finish. Produk seri Biovarnish ini memang direkomendasikan karena faktor utama yaitu aman dan ramah lingkungann. Biovarnish dibuat dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dam US EPA (Enviromental Protection Agency).  Kedua regulasi tersebut melarang penggunaan bahan kimia berbahaya di dalam cat yang digunakan oleh manusia. Bahkan ada 82 jenis bahkan kimia berbahaya yang dilarang digunakan adalah bahan kimai ini sudah banyak digunakan oleh produk cat yang lain. Bahan kimia yang termasuk dalam katagori VOC (Volatile Organic Compound) ini seperti formalin, merkuri, timbal, amonia, ftalat, dll. Semoga tips dan trik mengecat pintu menjadi baru kembali dan produk yang direkomendasikan sangat membantu kegiatan Anda dalam memperbaharui tampilan rumah Anda .

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply