Tips Untuk Finishing Kayu Dengan Cat

1702
peralatan finishing kayu

Berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk membuat hasil akhir dari kayu seperti mebel menjadi lebih menarik. Pengecatan merupakan hal yang penting dalam melakukan finishing kayu. Pengecatan yang baik dan benar akan menghasilkan kayu dengan warna yang indah dan menarik. Apalagi, ditambah dengan pemilihan produk cat yang bagus dan sesuai dengan jenis kayunya.

Ada berbagai cara untuk mengecat dimana proses pengecatan dapat dilakukan sendiri. Akan tetapi hal tersebut membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Proses pengecatan tidaklah mudah. Berbagai alat dapat digunakan untuk mengecat kayu. Berikut akan disajikan beberapa tips untuk finishing kayu dengan cat.

  1. Siapkan peralatannya

alat finishing kayuMulailah untuk menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk proses finishing. Beberapa hal tersebut diantaranya, cat, kuas, sarung tangan, dan juga air. Air yang digunakan adalah air panas. Anda dapat menggunakan alat penyemprot cat agar proses finishing kayu lebih cepat. Hati-hati menggunakan alat semprot ini. Pastikan juga memakai masker. Sarung tangan diperlukan untuk menghindari cat tumpah ditangan atau agar tangan tetap bersih. Ada beragam cat yang digunakan untuk melakukan proses finishing. Pilihlah cat yang sesuai dengan kegunaan dan jenis kayu yang ingin dicat.

  1. Tutupi bagian yang tidak dicat
CS Biovarnish

Pastikan untuk menutup beberapa bagian yang tidak dicat. Misalnya apabila ingin mengecat kayu di dalam ruangan, siapkan plastik untuk menutup bagian bawah agar pada proses pengecatan tidak ada noda yang tertinggal di lantai. Jangan menggunakan kertas atau koran untuk menutup bagian yang tidak kena cat. Kertas atau koran tidak dapat menahan dengan sempurna apabila ada cat yang menempel atau jatuh di atas kertas.

  1. Bersihkan kayu sebelum proses finishing

finishing kayuPembersihan kayu sebelum dicat akhir adalah bagian yang penting. Hal ini akan membuat hasil akhir dari finishing lebih bagus dan indah. Untuk pembersihan kayu, sebaiknya gunakan amplas. Amplas secara perlahan bagian kayunya. Yakinkan tidak ada pernis yang tertinggal pada bagian kayu. Apabila proses pengamplasan ini bersih, maka proses pengecatannya pun juga akan lebih cepat dan rapi.

  1. Uji catnya sebelum diaplikasikan pada kayu

Jangan lupa untuk mencoba produk dari cat yang diinginkan. Hal ini ditujukan agar hasil yang diinginkan sesuai dengan cat yang dibeli atau tidak. Aplikasikan sedikit cat yang telah dibeli pada sebuah potongan kayu. Akan tetapi hal ini jangan dijadikan patokan anda. Pengujian yang sedikit juga akan menimbulkan warna yang berbeda pada hasil akhir. Anda bisa menguji cat tidak hanya dengan satu kali sapuan saja, agar hasil akhirnya mendekati warna yang diinginkan.Pilih cat yang awet. Aduk cat sebelum diaplikasikan pada kayu yang diinginkan.

  1. Perhatikan proses pengecatannya

cat finishing kayuProses pengecatan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berbagai alat cat dapat digunakan untuk mengecat kayu. Sekarang ini, banyak ditemukan alat pengecat kayu yang modern yang memudahkan bagi penggunanya untuk proses pengecatan. Sesuaikan jenis cat dan juga dengan alaat pengecatnya. Apabila ingin memaksimalkan hasil dari cat, maka gunakan kuas untuk mengecat kayu. Kuas dengan kualitas baik yang lembut dan dapat mengecat bagian dari kayu dengan baik.

Apabila takut catnya akan berserakan atau warnanya akan bening pada kayu, gunakan spray khusus untuk proses finishing. Hal ini tentunya akan lebih mudah dari pada menggunakan kuas. Apabila tidak ahli, maka penggunaan kuas akan berakhir kurang bagus. Semoga bermanfaat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here