Tips Merawat Lemari Kayu Dari Serangan Teter

1832

Kayu dan teter. Dua kata tersebut tidak pernah lepas ketika kita membeli sebuah mebel berbahan kayu dan bambu. Teter adalah sejenis serangga yang merusak kayu sehingga menyebabkan kayu mudah lapuk dan tidak bertahan lama. Teter atau kumbang bubuk menyerang pada kayu yang belum diawetkan maupun kayu yang sudah berumur lama. Ciri-ciri kayu yang terkena teter biasanya berlubang dan mengeluarkan bubuk halus. Jika sudah ada tanda-tanda kayu Anda diserang teter, sebaiknya Anda segera mengatasi agar tidak menyebar luas.

Baca Juga : cara merawat kayu mahoni sejak masa tebang

rayap kayuSebelum Anda menghilangkan teter, sebaiknya Anda membeli obat anti teter insecticida yang bersifat neurotik sehingga cara kerjanya efektif  bisa membunuh sampai telurnya. Namun akan lebih efektif jika Anda melakukan proses pencegahan dengan melakukan pengawetan menggunakan obat anti serangga sejak kayu ditebang. Cara ini jauh lebih efektif dari pada melakukan pengawetan setelah terserang serangga kutu bubuk. Pastikan obat yang Anda beli khusus untuk kumbang bubuk atau teter.

Cara Aplikasi Obat Pengawet Kayu Untuk Mencegah & Merawat Lemari Kayu Dari Serangan Teter

CS Biovarnish

Untuk cara aplikasi mencegah timbulnya atau meluasnya teter ini tentunya beragam. Anatar lain :

Baca Juga : cara merawat kayu agar terbebas dari jamur blue stain

  • serangan rayap pada kayuMetode ini biasa dipakai untuk furniture yang biasanya sudah finishing dan sudah ditempatkan dalam ruang. Caranya cukup dikuaskan pada bagian yang terkena teter.
  • Untuk kayu yang tidak bisa dijangkau atau kayu yang memiliki lubang sedikit biasanya menggunakan metode suntik ini. Caranya cukup disuntikkan pada lubang kayu.
  • Metode ini sudah jarang digunakan karena ketika dispray bahan aktifnya bisa terhirup dan sangat berbahaya untuk kesehatan.
  • Cara ini adalah cara paling efektif untuk mengatasi teter. Untuk kayu murni direndam setelah ditebang
  • Metode ini biasanya digunakan pada insustri besar yang mempunyai mesin vakum sendiri. Caranya memasukkan obat ke dalam mesin vakum sesuai prosedur penggunaan mesin.

Sebelum Anda melakukan pembasmian teter pada lemari kayu Anda, sebaiknya Anda benar-benar memilih obat dan metode yang tepat. Disarankan untuk menggunakan metode kuas untuk lemari kayu Anda. Untuk pelarut alangkah baiknya menggunakan pelarut air. Selain tidak perlu membeli solvent lagi, pelarut air juga lebih aman bagi kesehatan. Ya walaupun penggunaannya juga harus memakai pelindung.

Obat teter kayu sangat banyak dipasaran. Namun yang memiliki kualitas unggul dan ramah lingkungan memang jarang. Namun kami bisa merekomendasikan obat pembasmi teter untuk Anda. Yaitu Biocide Insectide. Biocide Insecticide adalah obat pembasmi teter atau bubuk kayu yang bekerja secara efektif membunuh teter dengan cara meracun kontak dan lambung.

Biocide Insecticide ini berbahan aktif Cypermethrine 100EC. Biocide Insecticide ini dapat larut menggunakan air maupun solvent (minyak). Anda sebaiknya menggunakan campuran air agar lebih aman untuk kesehatan kita dalam jangka panjang. Penggunaan Biocide Insecticide bisa Anda ikuto dengan langkah-langkah seperti dibawah ini:

  1. Larutkan Biocide Insecticide ke dalam air dengan konsentrasi 0,1 – 0,2 %.
  2. Suntikkan ke dalam lobang almari yang terkena teter.
  3. Angin-anginkan almari dan almari bisa digunakan kembali

Anda sebenarnya juga bisa menggunakan metode kuas. Namun pada metode kuas prosesnya sedikit lama untuk furniture yang sudah jadi. Anda harus mengamplas dahulu sampai cat menghilang. Lalu Anda bisa kuaskan secara merata ke almari kayu yang terkena teter. Angin-anginkan sampai kering dan almari bisa Anda pakaikembali

Untuk furniture sebaiknya Anda mencegah dari pada mengobatinya. Karena memang mengobati lebih rumit dari pada mencegah. Sebelum Anda membeli furnitur pastikan kayu dan finishing yang digunakan aman. Atau Anda bisa membuat almari sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang pastinya aman dan tahan lama untuk almari Anda. Pastikan jangan sampai teter menggerogoti furniture Anda. Jangan lupa untuk merawat furniture Anda denga Biopolish Linseed Oil untuk membuat furniture Anda semakin tahan lama dan tidak mudah kusam. Semoga bermanfaat

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here