Peranan Karakter Kayu Jati Dalam Untuk Cat Kayu Jati

1535
cat-untuk-kayu-jati

Penting bagi Anda untuk mengetahui karakter kayu jati karena sangat membantu dalam pemilihan jenis cat kayu jati yang tepat dari segi perlindungan dan juga penampilan.

cat-untuk-kayu-jatiMasyarakat yang mengenal kayu jati mungkin belum mengenal lebih jauh. Rata-rata masyarakat hanya memahami bahwa kayu jati adalah jensi kayu yang awet. Padahal belum tentu karena kayu jati sendiri terdiri dari dua macam yaitu kayu jati tua dan kayu jati muda. Tentu bagi Anda yang sudah memiliki furniture berkayu jati dari nenek moyang adalah jenis kayu jati tua karena buktinya masih awet. Perbedaannya adalah dari jenis umur pohon atau dari masa panen. Jika kayu jati tua berumur lebih dari 80 tahun hingga ratusan tahun.  Kayu jati mudah memiliki masa panen yang cukup singkat yaitu kurang lebih sekitar 20 hingga 30 tahunan. Maka dari segi kulitas dan harga sudah pasti sangat berbeda. Kayu jati tua saat ini sudah langka dan sangat dilindungi maka tidak heran jika kayu kepemilikan kayu jati saat ini harus bersertifikat dan tidak bisa dibeli di sembarang tempat.

Dengan kelangkaan kayu jati tersebut maka Anda tidak bisa memilih jenis cat kayu jati secara sembarangan agar hasilnya tidak mengecewakan. Oleh karena itu diperlukan pendalaman mengenai karakter kayu jati untuk penentuan hasil finishingnya. Berikut karakter kayu jati yang bisa dipelajari:

  1. Kayu jati memiliki serat yang unik dan eksotis. Kayu jati juga memiliki lingkaran tahun yang terlihat dan memperkirakan berapa umur kayu atau pohon tersebut. Maka serat dan lingkaran tahun ini patut ditampilkan.
  2. Kayu jati termasuk jenis kayu dengan tingkat awet kalas I karena kayu jati tua tahan terhadap serangan jamur, serangan rayap, serangan lumut yang akan merusak tekstur, serat kayu.
  3. Dari segi warna kayu jati memiliki warna gubal krem hingga keputihan sedangkan warna kayu terasnya adalah cokelat gelap dengan sedikit keemasan.
  4. Pohon jati memiliki batang lurus dengan tidak memiliki banyak cabang. Sehingga kayu jati mudah dibentuk atau dibuat desain yang unik tanpa terganggu dari mata kayu atau kantong minyak yang muncul akibat cabang kayu.

Penentuan Cat Kayu Jati Beradasarkan Jenis Cat

CS Biovarnish

Keempat karakter kayu jati diatas sangat mempermudah Anda dalam mengambil keputusan yang tepat akan seperti apakah hasil dari finishing kayu jati Anda. Jika melihat dari serat kayu jati, warna natural transparan adalah yang paling tepat untuk mengekspose serat yang eksostis. Maka warna cat kayu jati yang harus Anda pilih adalah warna natural transparan. Sebelum mendapatkan cat yang tepat, Anda juga harus memahami jenis-jenis cat berdasarkan bahan pelarutnya:

  1. Cat Solvent Based

Cat solvent adalah cat dengan bahan pelarut adalah minyak atau thinner. Jenis cat solvent sangat banyak dan mudah ditemui di toko bangunana atau toko ebsi. Hasil dari cat solvent sendiri memiliki tingkat kilap yang tinggi sehingga memperlihatkan kesan mewah atau high class. Cat solvent sudah tidak banyak digunakan di negara tujuan ekspor seperti Eropa dan Amerika. Cat ini tidak disarankan untuk digunakan di sana karena masalah kesehatan. Kandungan cat solvent yang berbahaya telah banyak menimbulkan penyakit manusia seperti kanker atau penyakit pernapasan. Dari segi harga cat solvent lebih mahal daripada cat water based karena membutuhkan bahan pencampur thinner.

  1. Cat Water Based

Cat water based adalah cat oposisi dari cat solvent based walaupun sama-sama memberikan hasil warna  natural transparan. Cat water based membutuhkan bahan pelarut air dan cat ini yang paling sering digunakan di negara maju seperti Eropa dan juga Amerika. Cat ini tidak mengandung zat kimia berbahaya sehingga tidak akan menimbulkan penyakit pada manusia baik itu pernapasan, iritasi kulit, bahkan penyakit turunan. Untuk tingkat kilap, cat water based tidak kalah dengan cat solvent based yaitu tingkat glossy 85%. Harga cat water based tentu lebih murah karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli bahan pelarut.

Perbandingan jenis cat kayu jati di atas sudah sangat jelas dan sekarang saatnya Anda menentukan cat kayu manakah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda sesuai dengan karakter kayu jati yang Anda miliki.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here