Ide Partisi Unik Untuk Sekat Ruang

1712
Ide Partisi Unik Untuk Sekat Ruang

Memiliki rumah yang luas sungguh menyenangkan. Karena rumah akan bisa menjadi tempat berkumpul yang nyaman. Apalagi jika saat sedang ada acara keluarga dimana banyak anak-anak kecil, maka mereka bisa berlarian dengan gesitnya. Dan juga ketika ada acara dirumah Anda, ruang yang luas juga akan membaut suasana hangat karena kan saling bertatap muka. Setiap rumah selalu memiliki ruang sebagai pembatas antara ruang satu dan satunya. Pembatas atau sekat ruang dalam hunian tidak harus dipisahkan dengan tembok. Untuk kesan lebih menyatu atau lebih luas, setiap ruang bisa dibatasi dengan sekat-sekat. Pemilihan sekat ruang akan mempengaruhi hasil akhir dari tampilan ruang Anda. Sekat juga tidak hanya berfungsi sebagai pembatas ruang saja, namun bisa digunakan sebagai salah satu hiasan rumah Anda.

Ide Partisi Unik Untuk Sekat Ruang

CS Biovarnish

Menyekat ruang ini berfungsi sebagai pembatas ketika ingin memisahkan ruang pribadi dan ruang terbuka atau yang sering disebut partisi. Seperti ruang tamu yang menjadi satu dengan ruang keluarga. Nah jika ada tamu yang berkunjung, namun Anda tetap ingin memiliki privasi untuk keluarga Anda, Anda bisa menggunakan sekat sebagai solusinya. Sekat ruangan tidak melulu harus dari tembok. Begitu banyak yang bisa digunakan sebagai sekat. Bisa menggunakan rak TV, tirai kain, tirai bambu, atau hal lain yang bermanfaat untuk sekat ruang Anda.

Banyak sekat ruang yang dijual dipasaran. Namun tidak ada salahnya jika Anda membuat desain sendiri untuk sekat ruang dirumah Anda. Membuat desain sekat ruang membutuhkan sebuah kreatifitas untuk menghasilkan karya luar biasa. Bahan partisi untuk sekat ruang yang paling memiliki nilai alami adalah berbahan bambu, rotan atau kayu. Jika Anda menggunakan bahan ini, sudah pasti ruang dirumah yang Anda sekat akan terasa natural. Kayu juga memiliki banyak manfaat dalam penggunaannya. Dan cara merawat  kayu untuk partisi ini juga cukup mudah.

Jika Anda akan menggunakan kayu sebagai bahan dasar untuk partisi ruang Anda, ada beberapa referensi kayu yang cocok untuk dijadikan  partisi ruang Anda. Kriteria kayu yang dijadikan sebagai partisi adalah kayu yang kuat, yang tahan terhadap suhu ruang, dan juga yang tidak memiliki bobot begitu berat agar partisi bisa dipindahkan ketika Anda membutuhkan ruang yang luas. Jenis kayu tersebut antara lain:

  • Kayu solid

Kayu ini merupakan kayu utuh yang murni dari hasil tebangan pohon. Kayu solid merupakan kayu terkuat dibanding kayu olahan jenis lainnya. Proses pengerjaan kayu solid ini membutuhkan keterampilan. Karena jika kayunya pecah, maka kayu tidak bisa digunakan. Kayu solid memiliki beberapa macam. Seperti:Ide Partisi Unik Untuk Sekat Ruang

  1. Kayu jati, kayu yang menjadi primadona di industri furniture ini merupakan kayu yang tahan terhadap serangan rayap ataupun jamur. Kayu ini termasuk jenis golongan berat. Maka kayu ini sudah pasti memiliki tingkat keawetan yang lebih dibanding kayu solid lainnya. Harga dari kayu jati ini juga lebih mahal karena kayu jati ini memiliki kualitas yang jauh lebih unggul dibanding kayu solid lainnya.
  2. Kayu mindi, kayu ini memiliki warna coklat muda semu merah dengan warna kayu gubalnya putih kemerah-merahan. Kekuatan kayu ini berada dikelas nomor II dan III. Kayu mindi merupakan jenis kayu pertukangan yang baik karena mudah diserut, dibentuk, dan dipotong.
  3. Kayu sungkai, kayu ini bertekstur agak kasar, berserat lurus dan kadang ada yang bergelombang. Kayu ini memiliki keawetan di kelas nomor III dan tingkat kekuatan di kelas nomor II dan III. Kayu ini mudah dikerjakan namun juga memiliki tingkat keretakan yang tinggi.
  4. Kayu sonokeling, kayu ini tergolong kayu yang unik. Karena warna kayunya yang gelap dan bertekstur halus. Jika dikerjakan menggunakan tangan akan sedikit sulit, namun akan mudah dikerjakan dengan menggunakan mesin. Kayu ini tergolong kayu berat dan awet.
  5. Kayu pinus, walaupun kayu ini mudah diserang jamur, namun kayu ini mudah diproses sehingga memudahkan proses finishing. Warna kayu ini putih pucat dan bertekstur halus. Penggunaan kayu pinus sebagai furniture indoor ini sangat cocok dikarenakan kayu pinus tidak tahan terhadap cuaca yang berubah-ubah.
  • Kayu plywood

Kayu plywood merupakan kayu olahan yang sering disebut tripleks atau multipleks. Kayu lapis dibuat dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan. Ketebalannya mulai dari 3 mm sampai 18 mm dengan luas 244 x 122. Ketebalan kayu plywood ini menentukan kestabilan dan kekuatan kayu tersebut.

  • Kayu MDF

MDF atau Medium Density Fibreboard) terbuat dari serbuk kayu halus dan bahan resin yang dipadatkan menggunakan mesin. Karena kayu ini diambil dari sisa kayu perkebunan atau bamboo, membuat kayu ini lebih ramah lingkungan dibanding kayu olahan jenis lainnya.

  • Kayu partikel board

Ide Partisi Unik Untuk Sekat Ruang

Kayu partikel board ini dibuat dari partikel sisa serbuk gergajian dan serpihan kayu. Dan direkatkan dengan bahan kimia resin menggunakan mesin press dan dikeringkan. Kayu ini sedikit kasar dan tidak beraturan. Harganya juga lebih murah dibanding kayu olahan jenis lainnya. Kayu ini jika akan difinishing sebaiknya dilapisi menggunakan veener, laminated atau fancy paper laminated lainnya agar bisa di finishing dengan hasil yang bagus.

Jika Anda sudah memilih kayu yang akan digunakan untuk partisi sekat rumah Anda, waktunya Anda memilih desain yang pas untuk ruang Anda. Ide unik untuk partisi sekat ruang bisa Anda gunakan seperti:

  • Rak kayu yang diisi dengan buku atau hiasan lainnya
  • Tirai kayu atau krepyek
  • Pintu lipat yang bisa dibuka saat membutuhkan ruang yang lebih besar
  • Pagar kayu yang dihiasi tanaman
  • Papan kayu yang dihiasi dengan foto atau lukisan

Masih banyak lagi ide partisi untuk ruang Anda. Namun yang terpenting adalah merawat kayu agar lebih awet digunakan sebagai partisi. Anda bisa membersihkan kayu tersebut setiap hari menggunakan kain bersih atau pemoles khusus kayu seperti beeswax. Dan untuk finishing partisi dari kayu Anda akan lebih baik jika menggunakan finsihing natural untuk memperlihatkan kealamian kayu tersebut. Apalagi jika cat yang digunakan menggunakan cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan jika diletakkan didalam rumah Anda. Cat kayu water based dengan merk Biovarnish ini akan membuat tampilan partisi ruang Anda semakin indah.

Cat Biovarnish memiliki keunggulan seperti aman, ramah lingkungan, tahan terhadap cuaca, dan cepat kering. Aplikasi cat Biovarnish ini juga bisa menggunakan kuas spons yang mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan brush mark. Pengaplikasian cat Biovarnish ini dimulai dari Biovarnish Wood Filler yang berfungsi sebagi penutup pori-pori, lalu Biovarnish Wood Stain yang berfungsi sebagi pewarna kayu, dan Biovarnish Clear Coat yang berfungsi untuk melapisi cat dibawahnya agar tidak mudah tergores. Dan juga cat Biovarnish ini dicampur hanya dengan menggunakan air jadi cukup aman dan ramah lingkungan. Sekarang partisi untuk ruang Anda sudah indah dan tidak membosankan.

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply