DIY : Finishing Sendiri Kusen Jendela dan Pintu

1767
DIY : Finishing Sendiri Kusen Jendela dan Pintu

Proses finishing bukan hanya memerlukan ketelitian namun juga memerlukan ketepatan, baik dalam memilih bahan finishing yang digunakan maupun proses finishingnya. Nah, apa saja yang perlu untuk difinishing saat kita membangun sebuah hunian?

Kusen jendela dan pintu merupakan bagian penting dari rumah yang memang memerlukan perawatan dan juga finishing. Mengapa demikian? Kusen pintu dan jendela apabila tidak difinishing tentunya akan cepat rusak dan terkena serangan bubuk. Bagaimana cara finishing yang benar untuk kusen pintu dan jendela? Simak tips mudah berikut ini.

  1. Siapkan kusen jendela dan pintu, pastikan dalam kondisi benar-benar bersih

DIY : Finishing Sendiri Kusen Jendela dan Pintu

CS Biovarnish

Agar hasil finishing lebih sempurna, maka pastikan kusen dan pintu anda dalam keadaan bersih dan juga kering. Apabila masih ada kotoran atau debu yang menempel pada kusen anda, maka bersihkan terlebih dahulu. Selain itu, pastikan kusen jendela pintu anda juga sudah benar-benar kering sehingga tidak akan menyusut dalam jangka panjang.

  1. Agar kusen dan pintu siap difinishing, lakukan pengamplasan

Nah, setelah dibersihkan, maka ambil amplas kertas kemudian gosokkan pada seluruh bagian kusen jendela dan pintu anda. Gosokkan amplas tanpa ada bagian dari kusen yang terlewatkan. Apabila ada bagian kayu yang masih bergelombang atau kurang rata, sebaiknya gosokkan dengan sedikit menekan agar kayu kusen anda menjadi lebih rata.

  1. Gunakan wood filler untuk mengatasi retak dan kayu yang berlubang.

Setelah proses pengamplasan selesai, maka lanjutkan dengan mengencerkan wood filler yang sudah anda pilih. Siapkan wadah yang cukup, tuang wood filler, tambahkan dengan bahan pelarut, misalnya air. Bahan pelarut untuk wood filler ini tergantung dari jenis wood filler yang anda pilih, apakah water based atau bukan. Setelah tercampur dengan rata, kuaskan dengan kuas spons secara merata pada seluruh bagian kusen pintu dan jendela anda. Tunggu hingga mengering kurang lebih selama semalaman.

  1. Lakukan pengamplasan kembali setelah kayu kering.

DIY : Finishing Sendiri Kusen Jendela dan Pintu

Agar hasil finishing pada kusen lebih sempurna dan juga rata, lakukan pengamplasan kembali pada seluruh bagian kusen kayu anda tanpa ada bagian yang terlewat. Usahakan mengamplas sampai terlihat bagian permukaan dari kusennya agar cat akhir dapat menempel dengan baik. Apabila ada bagian pori-pori yang terbuka, lakukan penutupan kemudian amplas kembali sampai bagian tersebut rata seperti yang lainnya.

  1. Aplikasikan cat warna transparan, gunakan wood stain.

Setelah proses pengamplasan kedua selesai, lap kusen dengan kain agar tidak ada debu yang masih menempel. Siapkan wadah kembali, ambil wood stain, dan encerkan dengan air secukupnya sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Kuaskan cat untuk kusen kayu Anda secara merata pada seluruh bagian. Biarkan sampai mengering. Pastikan tidak ada bagian kusen yang terlewat.

  1. Lakukan pengamplasan kembali menggunakan amplas no 400

Nah, kali ini anda juga harus melakukan pengamplasan kembali pada kusen pintu dan jendela anda ketika sudah dilapisi dengan bahan wood stain dan sudah kering. Lakukan pengamplasan secara mengambang dan ringan saja. Lap kembali dengan kain.

  1. Agar didapat hasil sempurna, aplikasikan clear coat sebagai penutup.

Langkah terakhir adalah mengapliasikan cat finishing atau cat akhir. Gunakan warna cat yang sesuai dengan selera anda. Pastikan anda mencobanya terlebih dahulu agar warna yang dihasilkan sesuai dengan harapan dan keinginan anda. Encerkan clear coat dengan air kemudian aduk sampai merata. Kuaskan pada seluruh bagian kusen kayu pintu dan jendela anda. Tunggu hingga mengering da lihat hasilnya.

Demikian cara cat pintu kayu dan jendela yang mudah untuk dilakukan sendiri tanpa harus menyewa jasa tukang cat. Lakukan sendiri finishing pada kusen anda dengan sempurna dengan mengikuti petunjuk dengan benar.

 

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply