Cara Finishing Kusen Menggunakan Kuas

660
Cara Finishing Kusen Menggunakan Kuas

Proses finishing yang benar pada kusen akan membuat tampilan kusen anda semakin indah dan juga menarik. Selain itu, proses finishing ini memang diperlukan agar kusen anda tetap tahan lama dan juga tidak mudah dimakan oleh serangga.

Cara Finishing Kusen Menggunakan Kuas

Selain itu, pemberian finishing pada kusen juga akan melindungi kusen anda dari cuaca panas maupun dingin. Bagaimana cara finishing kusen dengan menggunakan kuas yang mudah? Berikut ini disajikan cara mudah untuk finishing kusen dengan kuas yang dapat anda kerjakan sendiri.

  1. Siapkan alat dan bahan
CS Biovarnish

Bahan dan juga alat yang akan anda perlukan diantaranya adalah kuas, amplas, plamur, cat dasar, thinner, cat akhir, wadah, lap bersih, masker. Gunakan masker sebelum anda memulai proses finishing pada kusen anda untuk melindungi pernapasan anda dari bau yang menyengat ketika anda mengaplikasikan cat pada kusen anda. Selain itu, masker juga akan melindungi anda dari debu ketika anda menggosokkan amplas pada kusen anda.

  1. Bersihkan kusen anda

Apabila bahan dan alat sudah anda siapkan, maka ambil kusen anda dan juga amplas. Amplas semua bagian dari kusen sampai tidak ada bagian yang terlewat. Gosokkan secara perlahan dan hati-hati agar kusen anda rata dan juga halus. Pastikan tidak ada bagian yang berlubang atau bagain kusen yang tidak rata.

  1. Pemberian cat dasar pertama

Setelah proses pengamplasan selesai dan kusen anda halus serta rata, maka siapkan wadah untuk mengencerkan cat dasar. Cat dasar kusen biasanya diencerkan dengan bahan thinner. Oleh karena itu, tuang cat dasar dan tambahkan thinner sesuai dengan petunjuk penggunaan pada label yang tertera pada kemasan. Aduk sampai rata. Gunakan kuas untuk mengoleskan pada semua bagian kusen anda. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat. Tunggu hingga mengering.

  1. Oleskan plamir

Untuk menutup pori-pori kayu kusen anda, maka gunakan plamur dan kuaskan pada seluruh bagian kusen anda dengan teliti. Pastikan tidak ada bagian pori-pori yang terbuka. Oleskan plamur kembali jika masih ada bagian kusen dengan pori-pori terbuka. Tunggu sampai kering.

  1. Pengamplasan yang kedua

Cara Finishing Kusen Menggunakan Kuas

Untuk hasil yang lebih sempurna dan rata, ambil amplas kembali dan gosokkan pada seluruh bagian dari kusen anda. Amplas dengan teliti dan hati-hati sampai semua bagian dari kusen anda halus. Pastikan tidak ada pori-pori yang terbuka.

  1. Berikan cat dasar kembali

Nah, langkah selanjutnya yaitu memberikan kembali cat dasar. Ambil wadah kembali kemudian encerkan cat dasar dengan menggunakan thinner. Untuk prosesnya sama dengan proses pada langkah ketiga. Pastikan semua bagian kusen anda telah terolesi dengan cat dasar. Apabila semua kusen telah diberikan cat dasar dengan rata, tunggu hingga kusen benar-benar kering.

  1. Cat akhir

Setelah cat dasar mengering, maka siapkan wadah untuk cat akhir. Gunakan kuas untuk mengoleskan cat akhir pada seluruh bagian kusennya. Pastikan tidak ada bagian yang terlupa atau bagian yang tidak rata. Kuas dengan hati-hati dan teliti agar hasilnya maksimal.

Selain menggunakan jenis cat yang dicampur menggunakan thinner, Anda bisa menggunakan jenis cat yang lebih aman, yaitu cat water based. Selain lebih aman, proses aplikasi juga lebih mudah dan lebih murah karena Anda tidak perlu membeli thinner. Contoh cat water based yang bisa Anda pakai untuk kebutuhan ini adalah cat Bioduco.

Gunakan cat dengan kualitas yang bagus dari produsen yang sudah terpercaya agar lebih awet dan juga tidak mudah mengelupas atau luntur. Pilih cuaca yang tepat ketika anda melakukan proses finishing ini agar kusen anda lebih cepat mengering dengan hasil yang maksimal. Pilih warna cat yang sesuai dengan tema dari ruangan anda atau tema dari outdoor anda. Demikian dan semoga bermanfaat.

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply