Pilihlah Kuas Untuk Pernis Kayu Tampil Maksimal

2296
Kuas Untuk Finishing Kayu

Banyak faktor yang mempengaruhi pernis kayu tidak maksimal salah satunya adalah pemilihan kuas. Selalu pilih kuas terbaik untuk hasil finishing maksimal.

Apakah Anda mendapatkan hasil finishing yang buruk warna natural transparan apda furniture? Atau Anda sering medapati brush mark ketika aplikasi? Anda harus mengerti penyebab dari timbulnya finishing yang tidak sempurna tersebut atau munculnya brush mark setelah cat mengering. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertama adalah karena pernis kayu yang Anda gunakan tidak berkualitas baik, kedua adalah karena bahan pelarut yang Anda gunakan kurang atau kelebihan sehingga tidak didapatkan viskositas yang tepat. Terkhir adalah produk kuas yang Anda pilih dan gunakan tidak berkualitas. Aplikasi menggunakan kuas sendiri sangat mudah terutama bagi Anda bukan seorang profesional. Tanpa menggunakan komproser atau spray gun Anda bisa melakukan finishing furniture dengan mudah. Kuas sangat mudah didapatkan belum lagi harganya yang murah.

Baca Juga : cat untuk menimbulkan serat kayu

CS Biovarnish

Banyak sumber yang mengatakan bahwa penentuan finishing yang baik bebas brush mark tergantung dengan bahan kuas yang digunakan. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai jenis kuas berkualitas yang seharusnya digunakan. Untuk finishing skala industri alat yang digunakan  adalah spray system. Walaupun finishing dengan spray gun sebenarnya akan menimbulkan keborosan karena banyak partikel cat yang terbuang. Akan tetapi hasilnya bisa lebih halus, rata dan juga cepat. Tampilan brush mark akan sangat terlihat pada top coat atau clear coat gloss sehingga tingkat glossy yang dihasilkan tidak tinggi. Brush mark akan muncul garis-garis transparan dan terkadang timbul.

Baca Juga : Kumpulan Harga Plitur Kecil Terbaru

Baca Juga : harga cat pernis kayu kecil water based

Jenis Kuas Terbaik Untuk Finishing

Memehami jenis kuas terlebih dahulu Anda bisa membedakan dari bulu kuas. Ada dua jenis bahan baku yang digunakan untuk pembuatan bulu kuas yaitu bulu hewan dan juga bahan nylon atau polyester. Untuk kuas dengan bulu hewan digunakan untuk pernis yang berbahan solvent atau minyak. Sendangkan untuk bahan bulu kuas nylon digunakan untuk pernis kayu water based. Jika Anda menggunakan kuas dengan bulu hewan untuk finishing dengan pernis water based maka hasilnya tidak akan maksimal dan malah buruk. Bulu hewan cenderung akan menyerap air sehingga bulu kuas akan mengembang dan juga sulit untuk digunakan (tidak fleksibel).

Kuas Untuk Finishing Kayu

Selain dari bahan bulu bentuk dari bulu juga harus diperhatikan karena tidak semua bulu kuas akan mudah digunakan. Jangan pilih bulu kaus yang pendek, rata dan juga memiliki ketebalan yang sama dengan pangkal kuas. Ketika bulu kuas endek, maka penyerapan kuas terhadap pernis kayu akan terbatas dan tidak bisa cepat diaplikasikan. Untuk ujung kuas yang rata dan juga tebal akan menimbulkan bulu-bulu yang keras.  Selalu pilih kuas dengan bulu-bulu halus, bagian ujung yang menipis dan juga ujungnya meruncing. Bulu yang halus dan panjang akan membuat permukaan furniture menjadi halus dan juga rata. Sedangkan untuk prosesnya akan sangat lentur atau fleskibel ketika digunakan. Jenis kuas inilah yang sangat disarankan untuk digunakan.

Selain dari bentuk bulu kuas dan bahan maka Anda juga harus memperhatikan ukuran. Bentuk atau ukuran dari kaus harus disesuaikan untuk finishing tergantung bidang. Untuk bidang yang datar dan luas maka gunakan kuas dengan ukuran 3-5 inci. Ukuran ini akan mempercapat proses finishing karena tidak terlalu kecil atau besar. Sedangkan untuk bidang kayu yang kecil atau sempit bahkan untuk ukuran lekukan maka gunakanlah kuas dengan ukuran 3 atau 2 inci ke bawah. Untuk cara aplikasi pada bidang luas bisa secara horizontal searah serat kayu. Sedangkan untuk bagain yang sempit atau kecil maka lakukan secara vertikal searah serat kayu.

Perhatikan Juga Pemilihan Pernis Kayu Selain Kuas

Selain penggunaan kuas Anda juga harus memperhatikan pada penggunaan pernis kayu yang berkualitas. Produk penting atau utama dalam proses finishing ini juga akan menentukan hasil akhir finishing furniture yang berkualitas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pernis yang berkualitas berikut ini:

  1. Transapransi

Pernis yang berkualitas bisa diliat dari transparansinya. Semakin serat kayu terlihat maka transparansi dari pernis tersebut akan terlihat dengan baik. Selain serat kayu, warna kayu juga akan terlihat dengan baik dan warna bisa terlihat cerah.

  1. Mudah Dikuas

Mudahnya aplikasi cat atau pernis kayu akan membantu Anda dalam menyelesaiakan proses finishing dengan cepat. Tarikan kuas yang ringan akan Anda dapatkan tentu saja juga dengan campuran bahan pelarut yang tepat.

  1. Ketahanan

Melihat dari ketahannnya, pernis atau clear coat kayu harus tahan gores, tahan cuaca, tahan air, tahan jamur, tahan serangga pernis akan melakukan proses perlindungan dengan baik. Perlindungan pun tidak hanya bertahan dalam jangka pendek tetapi juga jangka panjang.

  1. Non Yellowing

Pernis yang memberikan warna natural transparan jangan sampai Anda mendapatkan efek yellowing atau menguning. Pernis kayu bening yang menguning akan menurunkan nilai estetika. Efek menguning ini biasanya dihasilkan karena kandungan formalinnya yang tinggi. Padahal formalin adalah salah satu bahan kimia berbahaya bagi tubuh.

  1. Aman dan ramah lingkungan

Menyambung dengan efek yellowing, kandungan formalin akan mengakibatkan penyakit pada tubuh. Adanya kandungan formalin menandakan bahwa pernis kayu bukan produk yang aman dan ramah lingkungan.   Kandungan fomalin akan menjadi gas yang bercampur pada udara di dalam ruangan yang juga Anda hirup. Pencemaran lingkungan ini harus diwaspadai sehingga Anda harus menggunakan produk plitur bebas kandungan kimia berbahaya.

Produk Berkualitas Hanya Ada di Pernis Kayu Biovarnish

5 ciri produk pernis kayu berkualitas tersebut bisa Anda langsung praktekan dan mencari produk berkualitas. Salah satu jensi pernis yang tergolong dalam produk berkulitas adalah Biovarnish. Produk yang lengkap mulai dari dempul kayu, wood stain dan juga top coat ini akan memberikan finishing close pore warna natural transparan yang maksimal. Bahkan aplikasi pernis yang biasanya hanya untuk furniture indoor saja tidak berlaku pada Biovarnish. Produk Biovarnish bisa digunakan untuk funiture indoor maupun outdoor.

Kuas Untuk Finishing Kayu

Produk Biovarnish sudah banyak digunakan dalam industri finishing furniture yang dikirim ke negara-negara Eropa dan Amerika. Tentu saja kualitas cat yang digunakan pada furniture ekspor sudah teruji dan diakui oleh negara yang akan diekspor tersebut. Pemesanan produk Biovarnish di Yogyakarta bisa dilakukan di alamat jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Bisa juga dilakukan pembelian online melalui nomor 0822 1935 7399 atau BBM di D69F376B. Bagi Anda yang berdomisili di Jepara bisa mendatangi langsung outlet kanmi di alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Sedangkan bagi Anda yang berdomisili di Jawa Barat bisa mendatangi cabang kami di Cirebon di alamat Jalan Ki Sabalanang no. 23 Karangsari, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here