Harga Pernis Yang Murah Ciri Mengandung Formalin

1795
stop_formalin

Apakah harga pernis yang murah sudah terjamin kualitas dan keamanannya? Kebanyakan pernis dengan harga murah malah mengandung formalin tinggi.

Mulai sekarang Anda harus hati-hati dalam membeli produk dengan harga murah salah satunya adalah pernis. Belum tentu semua produk dengan harga murah tersebut memiliki kualitas yang bagus dan terjamin. Tahukan Anda bahwa harga pernis adalah salah satu ciri mengandung formalin yang tinggi? Maka dari itu harga pernis kayu yang murah pada pernis belum tentu akan menjamin kualitas ketahanan serta kemanan bagi kesehatan dan lingkungan. Kandungan formalin yang tinggi di dalam rumah akan sangat membahayakan kesehatan Anda bahkan keluarga. Jangan remehkan hal ini karena efeknya bisa saja berlangsung panjang. Untuk itu mari pelajari apakah formalin itu? Formalin adalah salah satu senyawa organik yang mengandung hidrogen, oksigen, dan karbon dengan struktur CH2O dan HCHO. Formalin yang berbentuk cairan ini mengandung formaldehyde sebanyak 37% dan seperti yang diketahui bahwa formaldehyde adalah bahan kimia yang bebarhaya bagi manusia. Cairan formalin sangat mudah menguap daripada senyawa organik yang lainnya sehingga penggunaannya di dalam ruangan akan sangat berbahaya.

Baca Juga : ciri ciri kayu ramin yang mudah dikenali

CS Biovarnish

Baca Juga : Kenali Perbedaan Pernis dan Plitur Agar Tahu Bahan Beracun Di dalamnya

Lalu dimana saja Anda akan menemukan formalin? Di dalam tubuh manusia, hewan dan juga tanaman terdapat kandungan formalin meskipun hanya sedikti yaitu sekitar 1 ppm saja. Sedangkan formalin yang digunakan dalam bidang industri sangat bervariasi seperti pada untuk pembersih lantai kapal, pembersih gudang dan pakaian karena formalin berfungsi sebagai larutan anti bakteri. Jika digunakan dalam industri fotografi, formalin berfungsi sebagai pengeras lapisan gelatin dan juga kertas. Dalam bidang pertanian formalin berfungsi sebagai pembuat pupuk urea, digunakan juga dalam produk kosmetik, untuk sumur minyak karena mampu mencegah korosi,  dan masih banyak fungsi lainnya. Sedangkan untuk industri kayu digunakan sebagai bahan perekat karena memiliki tingkat kekerasan yang baik. Misalnya saja digunakan sebagai perekat kayu plywood, hanya saja karena kemampuannya yang baik tersebut, jumlah formalin yang digunakan seringkali berlebihan. Itulah yang menyebabkan bahaya. Untuk penggunaan formalin yang berbahaya biasanya lebih dari 0.1 ppm sesuai dengan ketentuan banyak organisasi kesehatan di dunia. Ketika kandungan formalin tinggi maka harga pernis pun juga akan menurun yang membuat harga jual menjadi murah. Padahal efek terhadap kesehatan manusia dan lingkungan amat sangat berbahaya.

Waspada Formalin Sekarang Juga Untuk Masa Depan

stop formalinDi kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan rumah Anda harus berhati-hati karena formalin bisa berada di mana saja. Penyebaran formalin ada dua cara yaitu karena langsung termakan atau masuk ke dalam tubuh atau melalu pernapasan. Formalin bisa saja masuk ke dalam tubuh melalui makanan karena kelakuan para pedagang yang menginginkan banyak keuntungan. Makanan yang dijual bisanya ditambahkan bahan formalin agar makanan lebih tahan lama. Formalin bisa juga terdapat dalam kandungan cat pada mainan anak-anak Anda. Bayi yang masih suka menggigit mainan akan membuat mainan masuk ke dalam tubuh bayi. Inilah yang menyebabkan formalin bisa langsung masuk kedalam tubuh. Hal ini juga diakibatkan karena ulah pedagang mainan yang memanfaatkan harga pernis kayu yang murah dnegan kandungan formalin yang tinggi. Formalin yang menyebar melalui udara biasanya terdapat pada pernis yang melapisi furniture di rumah Anda. Formalin yang terdapat dalam pernis kemudian akan menguap didalam ruangan dan memenuhi di dalam udara Anda. Formalin memang tidak memiliki warna dan bentuk tetapi formalin dapat dikenali dari bau menyengat yang menyebar di dalam ruangan. Jika Anda mengenal bau ini di dalam ruangan Anda maka harus segera membuat jendela agar sirkulasi udara terjadi dengan baik dan formalin keluar ruangan.

Agar Anda tahu bahaya dari formalin maka cermati efek formalin berikut ini yang mungkin saja saat ini Anda rasakan:

  1. Tenggorokan terbakar, ketika udara yang mengandung formalin masuk ke dalam tubuh melalui hidung maka sebelum masuk ke paru-paru akan melalui tenggorokan. Bisanya ketika melalui tenggorokan akan terasa panas sehingga Anda bisa saja langsung batuk. Jika terus menerus, kandungan fomalin akan memenuhi paru-paru Anda .
  2. Air mata, jika Anda masuk ke dalam ruangan yang terdapat furniture baru kemudian air mata keluar begitu saja bukan karena menangis maka itu adalah efek dari formalin. Jika dibiarkan begitu saja maka akan akan terjadi iritasi mata.
  3. Pusing, ketika Anda merasakan pusing ketika menghirup di dalam ruangan tersebut bisa saja karena formalin. Pusing berkelanjutan bisa terjadi jika Anda tidak menciptakan sirkulasi udara yang baik dalam ruangan tersebut.
  4. Iritasi kulit, pada jenis kulit sensitif, ruangan yang penuh dengan gas formalin bisa menimbulkan iritasi kulit. Terutama pada kulit kepala yang sangat sensitif.
  5. Sel kanker, untuk memicu sel kanker ini kandungan karsinogenik dalam formalin akan sangat meningkatkan sel kanker. Hal ini yan harus dihidndari sejak dini karena kanker biasanya timbul dalam masa yang akan datang atau dalam jangka panjang.

Pembuktian pada percobaan tikus pun telah dilakukan. Untuk membuktikan apakah sel kanker memang menjangkit hewan ini dengan menghirup formalin terus menerus. Kenyataannya di dalam tubuh tikus benar-benar tumbuh sel kanker, oleh karena itu banyak organisasi kesehatan duni a yang menetapkan ambang batas penggunaan formalin dalam bahan kimia seperti pernis. Menurut WHO (World Health Organization), formalin digunakan di bawah 0.1 ppm, menurut European E1 Standar formalin di bawah 0.1 ppm, menurut Green Guard® Enviromental Institute Certification kandungan formalin harus di bawah 0.05 ppm. Melihat dari batasan penggunaan formalin ini maka harga pernis yang bebas dari formalin atau rendah formalin pasti tidak murah.

Kandungan Formalin Mempengaruhi Harga Pernis Murah

Fungsi formalin yang penting bagi industri kayu akan sangat menguntungkan. Terlebih harga formalin hanya sekitar 45.000 per liternya. Harga ini sangat murah dan akan mendatangkan keuntungan yan sangat banyak. Sayangnya masalah kesehatan masih belum banyak dipahami dan dipraktekan sedemikian rupa oleh para pelakuu industri. Misalnya saja jenis pernis solvent yang membutuhkan bahan pelarut solvent, harga pernis sovent dipasaran sangat murah dan mengandung formalin yang tinggi. Belum lagi bahan pelarut thinner yang juga mengandung formalin yang cukup tinggi. Tentu saja jika dihitung dari jumlah formalin akan menjadi dua kali lipat dengan bahan pelarutnya. Hal ini akan sangat berbahaya ketika Anda meletakan furniture di dalam ruangan. Oleh karena itu Anda harus selektif dalam memilih pernis dari sekarang.

Kuas Untuk Finishing Kayu

Untuk menentukan manakah pernis kayu yang terbaik dalam hal kualitas dan kemampuan dalam melindungi kesehatan Anda, tenologi terbaru telah menjawabnya. Pernis aman adalah pernis water based. Teknologi water based terbilang mahal karena harus menyatukan antara resin dan juga air. Dimana air dan resin bukanlah larutan yang mudah untuk disatukan. Dibutuhkan emulsifier yang tidak murah. Itulah alasan mengapa harga pernis water based di pasaran lebih mahal dibandingkan pernis solvent. Akan tetapi harga mahal bukanlah menjadi halangan Anda untuk  menjaga kesehatan Anda ? Karena kesehatan mahal harganya.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here