Harga Cat Plitur Tinggi, Temukan Yang Berkualitas dan Murah Di Sini

1561
plitur-kayu

Tingginya harga cat plitur akan menguras kantong, lalu bagaimana dengan cat plitur murah tetapi berkualitas tinggi?

Tingginya harga plitur pasti akan membuat budget produksi finishing membengkak. Mungkin bagi Anda yang tidak bekerja langsung dalam industri kerajinan atau furnture tidak akan perduli, tetapi suatu saat Anda pasti akan memebutuhkan produk plitur baik itu untuk recoating atau melakukan finishing furniture di rumah. Harga cat kayu yang tinggi pasti akan memberikan kerugian karena sebenarnya yang membuat mahal adalah bahan kimia yang digunakan sebagai bahan pencampur plitur. Bahan seperti harga solvent yang tidak murah, bahkan bahan ini pun tidak baik untuk kesehatan tubuh. Fungsi dari bahan kimia  sendiri adalah untuk memberikan kekentalan pada plitur, memudahkan untuk diaduk dan diaplikasikan, menimbulkan kecepatan kering, dll. Kebutuhan bahan-bahan yang mahal inilah akan meningkatkan cost pembuatan plitur yang membuat harga plitur menjadi tinggi.

plitur-kayu

CS Biovarnish

Plitur yang mahal belum tentu aman, kebanyakan plitur yang masih menggunakan solvent ini memiliki bau menyengat yang tidak baik untuk kesehatan. Bau akan dihirup dan membuat Anda pusing, batuk, sesak napas dan penyakit jangka panjang yang bisa saja berbahaya. Anda harus memilih harga cat plitur yang sesuai dengan kualitasnya. Jangan sampai Anda ragu untuk membeli plitur yang mahal sehingga beralih apda plitur yang murah tetapi membahayakan kesehatan Anda. Sangat mudah sebenarnya karena Anda harus mencari produk plitur yang murah tetapi berkualitas baik dari segi hasil dan juga aman dan ramah lingkungan.

Jenis Plitur Murah Berpelarut Air

Sebanrnya produk manakah yang harus Anda pilih baik itu dari harga cat plitur yang murah sesuai dengan kualitasnya. Jawabannya hanya satu yaitu plitur berpelarut air. Ditinjau dari segi harga saja bandingkan dengan harga plitur solvent. Sekilas akan terasa mahal plitur air dan Anda memilih plitur solvent. Anda harus mempersiapkan pelarut thinner atauu solvent untuk mengencerkan. Anda tidak akan membeli satu kaleng saja tetapi juga bisa dua atau lebih. Belum lagi thinner yang cepat sekali menguap jika Anda lupa menutupnya. Mungkin saja ketika sudah dicampur thinner akan menguap dengan capat dan menimbulkan keborosan. Berbanding terbalik dengan plitur air yang harus Anda siapkan hanyalah air sebagai bahan pelarutnya.

Jika Anda teliti maka pasti uang yang dikeluarkan untuk membeli jenis plitur kayu solvent dan thinner akan lebih banyak dibandingakan dengan plitur air saja. Lalu lebih murah mana? Anda pasti sudah memiliki jawabannya. Selain dari harga yang murah, Anda juga harus mencermati keamanan dan produk yang ramah lingkungan. Tidak semua plitur berpelarut air memiliki tingkat keamanan yang baik seperti tidak mengandung bahan kimia berbahya seperti formalin.  Sudah dijelaskan di atas bahwa bahan kimia berbahaya seperti formalin memang dibutuhkan untuk formula plitur. Cara membedakannya dari bau yang menyengat. Jika Anda membeli plitur air tetapi masih mengeluarkan bau yang menyengat sudah pasti plitur tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

Cara lain yang membedakan adalah dengan melihat apakah produk plitur tersebut sudah memiliki sertifikasi atau mengikuiu standar regulasi tertentu yang terpercaya seperti ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency) .  Regulasi yang dikeluarkan di negara Eropa dan Amerika tersebut wajib diikuti karena dipastikan plitur tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dilarang dan juga mengandung VOC (Volatile Organic Compound) yang rendah atau di bawah ambang batas yang telah ditetapkan. Cukup mudah bukan untuk menentukan produk plitur yang dibutuhkan. Jangan takut akan harga cat plitur karena jika mempertimbangkan masalah kesehatan Anda pasti tidak akan menyesal.

beli biovarnish

Leave a Reply