Mainan Anak Wajib Menggunakan Cat Kayu Aman

2338
bahaya-formalin

Pentingnya tumbuh kembang anak dan kecerdasannya juga dipengaruhi oleh cat kayu aman pada mainan dan furniture.

Pada umur anak 0-8 tahun adalah masa yang paling penting dan tidak dapat dianggap remeh. Pada umur tersebut pola pikir anak dan kecerdasannya terbentuk. Banyak hal-hal di lingkungan yang harus diperhatikan salah satunya adalah mainan. Pemilihan mainan untuk anak ini sendiri sangat berbagai macam. Belum lagi meningkatnya produsen mainan anak dari yang murah sampai yang mahal. Menurut banyak penelitian di luar negeri, tingat kecerdasan orang dewasa mencapai 100% dibentuk ketika anak sampai usaia 8 tahun, lalu apakah tugas Anda sebagai orang tua? Tentu saja menyediakan berbagai fasilitas mainan yang edukatif. Anda tidak mungkin akan mengajarkan anak Anda berhitung pada saat balita? Maka Anda bisa menggantinya dengan mainan kayu.

Saat ini banyak sekali mainan kayu yang diciptrakan untuk mengedukasi buah hati dan harganya pun tidak mahal. Contoh mainan kayu tersebut adalah kapla,tangram, puzzle atau maian kayu yang berbentuk alat peraga. Mainan bisa edukatif tetapi belum tentu menyehatkan. Sehat yang dimaksudkan di sini adalah secara harafiah yaitu kesehatan fisik si buah hati. Mainan memiliki lapisan luar yang disebut dengan cat kayu. Nah untuk mainan dengan lapisan cat tidak bisa dipilih sembarangan karena mainan yang tidak menggunakan cat kayu aman pasti mengandung banyak zat-zat berbahaya bagi kesehatan anak. Masa tumbuh kembang anak sangat rentan oleh penyakit maka harus diwaspadai sejak dini sebelum terlambat.

CS Biovarnish

Macam-Macam Kandungan Berbahaya Pada Cat Kayu

bahaya formalinAda banyak sekali zat yang terkandung di dalam cat terutama pada cat kayu yang murah. Jika Anda mengenal timbal maka pasti sudah tahu kan betapa berbahayanya zat tersebut? Timbal pun terkandung dalam cat kayu yang digunakan pada maianan anak. Menurut WHO timbal memiliki efek menurunkan kecerdasan manusia sangat tinggi. Tercatat bahwa 0.6% beban penyakit global disebabkan oleh timbal yang diserap oleh manusia. Bayangkan saja mainan anak Anda mengandung timbal dan  menurunkan kecerdasan otak si buah hati?  Masih banyak sekali zat berbahaya yang dirangkum secara singkat berikut ini sebelum Anda memilih cat kayu aman :

  1. VOC (Volatile Organic Compound). Fungsi VOC pada cat adalah sebagai bahan mepercepat proses pengeringan dan membuat cat mudah diaduk. Fungsi cari VOC ini membuat VOC harus ada di dalam cat. Akan tetapi hal ini menjadi problem ketika VOC sendiri berbahaya bagi kesehatan manusia bahkan memicu terjadinya pemanasan global. Maka bagi formulator kadar VOC menjadi parameter wajib yang tidak boleh terlupakan.
  2. Ftalat disebut juga dengan phthlate. Adalah senyawa kimia sintetis terbuat dari reaksi ftalat anhidrat dengan campuran alkohol. Ftalat sering digunakan sebagai plastilizer produk plimer untuk menimbulkan elastisitas, transparan dan ketahanan. Untuk jenis mainan anak dari plastik sudah pasti memiliki kandungan ftalat yang tinggi. Lalu apa saja efek ftalat pada tubuh? Sangat banyak, pertama ftalat akan mempengaruhi reproduksi. Kedua, untuk anak-anak ftalat akan mengganggu pertumbuhan yang mangkibatkan tubuh anak kecil tidak normal. Ketiga adalah membuat anak suka memasukan benda ke dalam mulut. Terakhir adalah anak tidak memiliki sistem defensif yang baik.
  3. Merkuri, mungkin Anda sering mendengar kosmetik yang mengandung merkuri sangat berbahaya. Sama halnnya dengan merkuri yang terkandung pada cat untuk mainan anak-anak. Merkuri sering digunakan sebagai bahan pencmpur sebagai penguat obat anti jamur. Efek buruknya adalah mengganggu susunan  saraf, otak serta ginjal.
  4. Formalin, Bagi Anda yang sering melihat berita tentang kandungan formalin pada makanan seperti bakso atau tahu, maka sama halnya dengan cat. Ciri formalin yang paling mencolok adalah bau. Jika cat yang selesai diaplikasikan atau baru saja dibuka dari kaleng menimbulkan bau menyengat maka kandungan formalinnya sangat tinggi. Cara formalin menyebar sama dengan VOC adalah melalui gas di udara. Padahal udara adalah tempat dimana menghirup oksigen bukna? Bentuk dari formalin adalah larutan tidak berwarna dengan kandungan kimia Foealdehid (metanal) 37% dan metanol 15 %. Efek buruk yang dibawa oleh formalin adalah iritasi saluran pernapasan, alergi kult dan menimbulkan kanker.

Ciri Mainan Dengan Cat Kayu Aman

Penjelasan dari bahan kimia yang sering terkandung pada cat di atas sudah sangat jelas bahwa waspada sejak dini harus dilakukan. Memperhatikan zat-zat tersebut maka Anda pasti sudah bsia menarik kesimpulan seperti apakah cat kayu aman yang harus dipilih.  Ada beberapa kriteria dari mainan yang yang menggunakan cat kayu aman. Pertama adalah mainan harus memiliki standar SNI (Standar Nasional Indoensia). Mainan dengan SNI sudah dipastikan mulai dari bahan baku serta cat sudah aman. Kedua adalah sepak terjang dari pabrik yang menciptakan mainana tersebut. Jika peruasahan selalu mengarah pada mainan yang sehat dan edukatif maka bsia dipercaya. Ketiga adalah mainan yang tidak menimbulkan bau formalin. Keempat adalah Anda bisa memastikan bahwa mainan tersebut menggunakan cat kayu Biovarnish atau cat kayu BioColours. Kedua merk cat tersebut dibuat dengan formula yang mematuhi standar regulasi dari US EPA. Sudah pasti cat tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti di atas.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here