Pentingnya Cat Kayu Transparan Untuk Pintu Yang Bebas Formaldehyde

1669
Formaldehyde exposure has been associated with cancer of the nose and pharynx (throat) in humans. Formaldehyde caused cancer in rats in laboratory tests. Formaldehyde has recently been associated with a risk of leukemia, more likely with higher and longer exposure. 8.

Penyakit kanker dan juga leukimia salah satunya diakibatkan oleh bahan formaldehyde yang bisa saja terdapat dalam cat kayu transparan untuk pintu, kusen, jendela, atau furnitiure.

Seperti  apakah produk formaldehyde? Mengapa dikatakan berbahaya? Formaldehyde adalah salah satu jenis bahan kimia yang berbentuk gas dengan ciri tidak berbau, tidak memiliki warna dan sulit untuk dideteksi dengan kasat mata.

Penggunaan formaldehdye sendiri sangat banyak terdapat pada pembangunan material bangunan atau peralatan rumah tangga. Bahan ini sangat penting karena memang berfungsi dengan baik, bahkan di tahun 1996 saja industri yang menggunakan formaldehyde bisa mencapai 8.7 juta ton per tahunnya.

CS Biovarnish

Untuk kandungan formaldehyde yang lain bisa juga terdapat pada asap rokok, gas dari kompor atau keroson. Dalam produk lain yaitu produk bahan bangunan ditemukan dalam jenis jenis engineering wood (Plywood, particle board, MDF, HDF, dll).

Sedangkan pada bahan yang lainnya juga terdapat pada bahan perekat atau adhesive, bahan coating atau cat, bahan pengawet yang juga digunakan untuk obat, sabun cuci, softener, dan bahan konsumsi rumah tangga lainnya.

Misalnya saja rumah Anda memiliki banyak furniture yang terbuat dari kayu dan menggunakan cat kayu transparan untuk pintu, kusen, jendela, bisa saja mengandung formaldehdye yang sangat tinggi.

Bagaimankah formaldehyde menyebar ke dalam rumah dan mengkontaminasi kesehatan tubuh Anda? Telah dikatakan bahwa formaldehyde adalah produk berbentuk gas. Bentuk ini juga mudah larut pada air dan dikenal dengan formalin. Nah ketika formalin digunakan pada produk cat atau coating dan diaplikasikan maka setelah diaplikasikan akan menguap. Setelah menguap akan terbentuk lapisan film yang kuat. Uap yang dihasilkan dari coating inilah salah satunya mengandung formaldehyde. Ketika uap ini berada di dalam ruangan maka akan Anda hirup akan diserap oleh tubuh. Penyerapan bahan kimia berbahaya inilah yang akan menimbukan penyakit seperti berbagai jenis kanker dan juga leukimia. Hasil ini telah diuji dan dibuktikan dari riset laboratorium maka formaldehyda bisa dikatakan berbahaya.

Baca Juga:  Pabrik  Cat Kayu Tahan Air BioVarnish Terlengkap di Jawa

Efek Negatif Formaldehyde Pada Kesehatan Tubuh

Sudah pasti bahwa kandungan formaldehyde yang berlebihan akan mengakibatkan penyakit baik itu ringan ataupu berat. Hasil riset yang dilakukan mengatakan bahwa kandungan formaldehyde pada udara dengan banyak lebih dari 0.1 ppm akan menimbulkan banyak efek yang langsung bisa dilihat seperti iritasi mata yaitu keluar air mata terus menerus, mata hidung dan tenggorokan yang terasa terbakar, batuk, bersin dan pusing kepala. Dilansir dari American Cancer Society telah terdapat riset yang menggunakna tikus dnegan menghirup gas formaldehyde terjangkit kanker dan leukimia. Sedangkan tikus yang mengkonsumsi melalui air telah terjangkit penyakit tumor perut.

Jika manusia menghirup gas dalam jumlah 1.9 ppm sleama 40 menit memang tidak ada efek yang langsung yaitu tekanan darah yang tinggi, akan tetapi dalam beberapa riset mengatakan bahwa pekerja di pabrik yang menggunakan resin banyak yang terjangkit penyakit cancer of the nasopharynx (kanker tenggorokan), cancer of the nasal sinuses (kanker lubang hidung) dan leukimia. Tidak hanya pekerja pabrik saja tetapi Anda yang tinggal di dalam rumah dan juga bisa terjangkit penyakit ini. Salah satunya adalah kandungan formaldehyde yang terdapat dalam cat kayu transparan untuk pintu, jendela, kusen, atau furniture. Lalu bagaimana dengan leukimia? Apakah hubungannya dengan formaldehyde yang mencemari melalui udara? Manusia yang menghirup gas formaldehyde ini akan memiliki jumlah kromosom yang diatas normal.  Jumlah yang tinggi ini akan mengubah sel darah putih pada tulang. Inilah yang mengakibatkan timbulnya leukimia pada sumsum tulang belakang.

Melihat dari hasil riset baik pada hewan dan juga pembelajaran pada manusia maka banyak lembaga tinggi kesehatan manusia yang meyakini hasil riset tersebut. Bahkan beberapa melarang penggunaan formaldehyde pada produk yang digunakan manusia. Pertama The National Toxilogy Program ( NTP) yang mengatakan bahwa formaldehyde “known to be a human carcinogen”. Kedua The International Agency for Research on Cancer mengklasifikaskan sebagai “ carcinogenci to humans” karena salah satu bahan yang beresiko tinggi menimbulkan kanker dan leukimia. Ketiga The Enviromental Protection Agency (EPA) yang mengatur Integrated Risk Information System (IRIS) yaitu data elektronik yang berisi tentang informasi efek kesehatan manusia yang terganggu akibat berbagai macam bahan kimia. EPA mengklasikfikasikan formaldehyde sebagai “probable human carcinogen”.

Baca Juga:  Supplier Cat Kayu BioVarnish Terbaik

Bagaimana Melindungi Tubuh dan Kesehatan Lingkungan Dari Formaldehyde

Bagi Anda yang menyadari bahayanya formaldehyde pada tubuh dan tidak ingin terjangkt penyakit kanker atau leukimia di kemudian hari sebaiknya melakukan pencegahan sekarang juga. Jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari karena meremahkan kandungan formaldehyde yang terdapat dalam furntuire di rumah Anda. Misalnya saja Anda menggunakan cat kayu transparan utnuk pintu, jendela atau perabotan yang lainnya utnuk mempercantik tampilan rumah. Tetapi Anda tidak melakukan langkah-langkah berikut sehgingga Anda menghirup terus menerus gas formeldehyde yang tersebar di seluruh ruangan. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Air conditioner, penggunaan air conditioner ini sangat menentukan apakah formaldehyde yang menyebar. Penyebaran formaldehyde sangat cepat karena suhu ruangan yang panas. Dengan adanya air conditioner maka suhu ruangan akan lebih stabil dan lebih dingin.
  2. Adanya ventilasi udara yang baik. Tingkatkan atau perbanyak ventilasi udara bisa juga lubang angin atau jendela. Dengan ini sirkulasi udara di dalam ruangan akan berubah dan digantikan udara yang bersih. Tentu saja Anda tidak hanya menghirup udara yang mengandung
  3. Pemilihan coating atau cat kayu transparan untuk pintu, jendela, kusen dan juga furniture yang lainnya. Pilih produk yang bebas VOC (Volatile Organic Compound) atau low VOC. Jika sudah terdapat label tersebut maka produk tersebut sudah pasti terferifikasi dan dipercaya.

Produk Cat Kayu Transparan Untuk Pintu Bebas Formaldehyde

Melihat dari efek formaldehyda pada hunain rumah, salah satu penyumbang terbesar adalah produk coating seperti pada cat kayu transparan untuk pintu. Kebanyakan produk cat atau coating yang mengandung banyak formaldehyde adalah cat dengan bahan pelarut solvent. Anda akan mendapatkan berbagai macam produk cat solvent ini di banyak toko besi. Akan tetapi dari cat solvent tersebut Anda harus mencari yang bebas formaldehyde dan bisa dikatakan cat kayu aman dan ramah lingkungan. Saat ini sudah banyak produk tersebut yaitu produk cat water based. berbebeda dengan produk solvent, cat water based hanya membutuhkan bahan pelarut air saja. Salah satu merk produk yang direkomendasikan adalah Biovarnish yang aplikasinya mudah yaitu hanya dengan kuas dan air saja.

Baca Juga:  Harga Dempul Kayu Berkualitas Khusus Untuk Finishing Kayu

Cat Kayu Transparan Untuk Pintu

Melihat dari segi formulasi yaitu kandungan bahan kimia yang digunakan pembuatanya sesuai dengan standar regulasi US EPA. Kandungan VOC yang ditetapkan cukup tinggi dan Biovarnish hanya mengandung kurang dari 50 gr/ liter saja.  Kandungan ini sudah dipastikan tidak akan mengancam kesehatan Anda. Jika melihat dari kadar bahan kimia yang digunakan sudah rendah tentu saja Anda tidak perlu ragu lagi menggunakan produk Biovanrish.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here