5 Fakta Kayu Oak yang Langka Di Indonesia

1306
pohon oak dengan daun dan batang yang kokoh

Kayu oak atau juga dikenal dengan kayu ek merupakan jenis kayu yang dihasilkan dari pohon oak. Pohon oak berada di genus quercus yang cukup langka di Indonesia. Jenis pohon oak yang tumbuh di Indonesia dan sering digunakan untuk furniture adalah kayu oak putih.

5 Fakta Kayu Oak yang Unik dan Langka

Pohon oak banyak tumbuh di daerah yang dingin seperti di Eropa, Amerika, Afrika Utara dan Asia. Jenis kayu oak yang tumbuh di Indonesia sangat langka sehingga harga jualnya tinggi dan tergolong eksklusif. Selain karena langka, kayu oak juga dikenal tahan terhadap udara lembab, serangga dan jamur.

Oleh karenanya, kayu oak merupakan jenis kayu berkelas selain kayu jati. Apa saja yang menarik dari kayu oak? Berikut fakta-fakta unik dari kayu oak.

Jenis Pohon Purba

CS Biovarnish

Siapa sangka kalau jenis kayu oak merupakan jenis kayu purba. Keberadaan pohon oak sendiri sudah ada sejak 65 juta tahun lalu, oleh karena itu disebut sebagai kayu purba. Kayu oak bisa tumbuh hingga usia 1000 tahun. Hingga ketinggian pohon oak mencapai 145 kaki. 

Pada usia 700 tahun, kayu oak bisa terus tumbuh. Sayangnya, saat memasuki usia 1000 tahun, pertumbuhan kayu oak akan melambat dan lama-kelamaan akan mati. Pohon oak merupakan jenis kayu yang unik dan berharga karena usia produksinya yang lama. Hal ini juga bisa memicu kelangkaan kayu oak apabila ditebang secara terus menerus.

Pohon Oak Baru Bisa Keluarkan Biji Saat Usia 50 Tahun

Berbeda dengan pohon-pohon lainnya, pohon oak cenderung lama proses produksinya. Bukan dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun saja, kayu oak cenderung mengeluarkan bijinya saat usia 50 tahun.

Hal ini berbeda dengan kayu jati, justru di usia 50 tahun adalah usia yang ideal untuk digunakan sebagai furniture. Kayu oak disarankan untuk tidak ditebang pada usia tersebut sebab pada masa produksi. Sehingga, pohon oak tetap bisa tumbuh dan siap digunakan untuk kepentingan produksi furniture dan lain sebagainya.

Hanya Satu Biji yang Tumbuh dari 1000 Biji

Pohon oak menjadi langka bukan hanya karena proses pertumbuhannya yang panjang tapi juga perkembangannya yang cukup sulit. Pohon oak bisa saja menghasilkan ribuan biji namun yang akan tumbuh hanya satu biji saja. Itu pun membutuhkan waktu yang panjang hingga ratusan tahun untuk siap produksi. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi tanah dan cuaca.

Kondisi tanah yang baik akan membuat biji dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan kayu oak yang bagus. Oleh karenanya, penggunaan kayu oak untuk kebutuhan furniture tergolong mewah.

Terdiri Dari 600 Spesies

Pohon oak banyak dijumpai di Eropa notabene memiliki iklim yang dingin dan lembab terlebih di hutan-hutan sub-tropis. Di Indonesia, pohon oak yang sering dijumpai adalah pohon oak merah dan putih. 

Kedua pohon tersebut sering dimanfaatkan untuk furniture karena tampilannya yang indah dan karakternya yang unik.

Tahan Terhadap Udara Lembab

Kayu oak memiliki struktur pori-pori yang besar sehingga lebih cepat kering ketika terkena air. Kayu oak cukup bisa tahan terhadap udara lembab dan tahan lama.

Selain tahan terhadap kondisi yang lembab, kayu oak juga dikenal sebagai kayu yang tahan terhadap serangan rayap dan jamur. Jadi, ketika Anda menggunakan kayu ini untuk kepentingan furniture, biasanya tidak lagi membutuhkan treatment.

Perawatan Kayu Oak Untuk Kebutuhan Furniture

Kayu oak dikenal sebagai kayu yang tahan terhadap udara lembab, serangan jamur dan rayap. Namun, ketahanan kayu ini tidak sebanding dengan tingkat keras yang dimilikinya. Pasalnya, kayu oak tergolong jenis kayu yang cukup mudah dibuat melengkung.

Kayu oak akan melengkung akibat penyusutan. Kenapa bisa terjadi penyusutan? Sebab, kayu oak tidak tahan terhadap sinar matahari. Oleh karenanya, kayu oak banyak dimanfaatkan untuk furniture interior. 

Untuk menciptakan tingkat kilap yang baik serta warna kayu oak yang natural, Anda bisa mengaplikasikan cat kayu khusus seperti cat water based. Justru dengan cat water based, kayu oak dapat terlihat menarik dan hasilnya terlihat natural.

Cat water based sangat cocok bagi Anda yang berencana impor produk. Cat ini sudah tergolong aman dan direkomendasikan. Pada tahun 2018 lalu, cat water based telah menguasai 80% pasar Amerika Serikat.

Salah satu cat water based yang berkualitas bagus di Indonesia adalah Biovarnish. Cat kayu ini khusus untuk finishing dengan tampilan transparan kayu. Tingkat kilap sangat memuaskan karena bisa mencapai 80% meskipun tingkat kilap ini masih jauh di bawah cat kayu solvent based.

Jika ingin meningkatkan kilap pada furniture, Anda bisa menimpa beberapa layer top coat hingga mendapatkan tingkat kilap yang diinginkan, atau dengan memberi lapisan sanding sealer. Biovarnish bukan hanya menyediakan cat wood stain saja melainkan juga tersedia sanding sealer, wood filler dan clear coat.

Biovarnish sangat cocok untuk finishing kayu oak karena menyediakan 20 pilihan warna mulai dari yang terang hingga gelap layaknya kayu sonokeling. Kelebihan lainnya adalah Anda tidak perlu menjemurnya di bawah sinar matahari. Cukup dikeringkan di ruang dengan suhu normal atau diangin-anginkan saja.

Anda bisa menghubungi kontak hotline yang terdapat pada website ini untuk pembelian Biovarnish. Apabila ingin order secara online dan praktis, bisa langsung melakukan transaksi di marketplace dibawah ini:

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here