6 Model Rak Sepatu Agar Tertata Rapi dan Bersih

509
gambar rak sepatu berbentuk sofa

Menerapkan model rak sepatu yang benar ternyata bisa membuat sepatu Anda lebih tertata rapi dan sepatu tetap bersih. Yuk lihat model sepatu yang bagus.

Siapa yang tidak risih apabila melihat sepatu, sandal dan alas kaki lainnya berserakan di lantai? Uuntuk mengatasi hal ini, Anda membutuhkan model rak sepatu yang cocok untuk menata sepatu Anda.

Ada banyak model rak sepatu yang dapat digunakan. Umumnya, material yang digunakan seperti plastik, alumunium, kayu atau sejenisnya. Namun, apabila Anda ingin membuat rak sepatu lebih fleksibel dan terkesan natural bisa membuat rak sepatu dari kayu.

3 Model Rak Sepatu Recomended

CS Biovarnish

Memilih rak sepatu cukup sulit karena begitu banyak model yang mungkin sudah Anda tahu. Sebagai referensi, sebelum memilih, berikut 3 model rak sepatu yang dapat Anda jadikan pertimbangan

Rak Kabinet

Rak sepatu model ini cenderung bergaya klasik namun dapat menampung sepatu cukup banyak. Sebab, kemungkinan kecil sepatu terpapar debu. Selain itu, bagian lain rak tersebut dapat Anda berikan hiasan seperti tanaman hias, miniatur dan aksesoris lainnya. 

Meskipun membutuhkan ruang yang cukup tapi rak ini efisien menyembunyikan sepatu. Biasanya, rak ini ditata di depan rumah atau dekat pintu masuk. Anda dapat memilih rak sepatu berwarna coklat kayu, hitam maupun putih. Sesuaikan dengan konsep ruangan yang diusung. Warna-warna tersebut sangat netral dengan banyak gaya rumah sehingga Anda bisa memilih salah satu dari warna sesuai selera.

Rak Laci Tertutup

Jika Anda ingin menyembunyikan sepatu atau alas kaki agar tidak terlihat dan menimbulkan kesan tidak baik, Anda dapat menerapkan rak dengan laci tertutup. Model rak semacam ini akan terlihat seperti lemari atau kabinet di ruangan tamu. Apalagi jika rak tersebut didesain dengan gaya minimalis seperti tanpa gagang dan hanya polosan saja.

Rak dengan laci tertutup memang cukup mirip dengan rak kabinet. Namun, model rak laci lebih dinamis dan minimalis. Jadi, rak ini sangat cocok diterapkan pada hunian rumah minimalis. Terlebih, lebar rak cukup kecil sehingga tidak akan memakan tempat apabila diletakkan di dekat pintu utama.

Rak Sudut

Bagian sudut ruangan biasanya tidak terpakai karena cukup sulit menerapkan furniture atau perabotan di area tersebut. Apabila rumah Anda memiliki lorong ketika akan masuk ke dalam ruangan, tidak ada salahnya menerapkan rak model ini. Selain lebih menghemat tempat, tampilan rak sudut yang menempel di dinding juga terkesan estetik.

Gunakan kayu apabila Anda ingin menerapkan model rak sudut dengan menempel di dinding tersebut. Kini banyak papan kayu yang dijual untuk memenuhi pemesanan rak dinding sehingga ukuran bisa disesuikan.

Low Bench

Model rak ini lebih multifungsi karena tidak hanya digunakan untuk menyimpan sepatu, melainkan juga dapat digunakan untuk duduk ketika Anda sedang menggunakan/melepas sepatu. Model rak ini adalah bangku rendah yang terdapat bagian rak sepatu di bawahnya. Sepatu akan lebih tertata rapi dan memudahkan Anda ketika memakainya. Sebab, Anda tidak perlu mencari tempat ketika akan memakainya atau ketika akan meletakan sepatu kembali ke raknya.

Rak Sepatu Custom

Ingin rak sepatu lebih berbeda dari yang digunakan pada umumnya, Anda dapat membuat rak sepatu di tukang kayu sesuai desain yang Anda inginkan. Rak sepatu custom memiliki banyak macam model yang bisa Anda pilih. Selain lebih unik, model rak custom juga tidak kalah estetik.

Untuk mempertajam tampilan, Anda bisa finishing sendiri menggunakan cat kayu. Sebaiknya gunakan cat kayu transparan yang warnanya tidak pekat. Sehingga tampilan kayu lebih natural tapi terkesan lebih tajam

3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Model Rak Sepatu

Apabila Anda masih kesulitan dalam memilih rak sepatu setelah mempertimbangkan model-model rak sepatu di atas, perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Luas Area

Luas area menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membeli rak sepatu. Apabila area dekat pintu atau teras cukup luas untuk menempatkan rak sepatu, Anda tidak masalah jika menggunakan rak sepatu kabinet. Rak sepatu kabinet biasanya memiliki ukuran seperti lemari pada umumnya. 

Bukan hanya sepatu, rak kabinet juga dapat digunakan untuk menyimpan benda lain seperti helm dll. Sesuaikan model rak dengan gaya rumah sehingga kedua komponen tersebut dapat menyatu. 

  1. Mudah Digunakan

Ketika orang mau keluar atau masuk ke rumah, pasti ingin melakukannya dengan terburu-buru seperti saat memakai/melepas alas kaki. Oleh karena itu, pilih rak sepatu yang mudah digunakan. Jika lebih mudah untuk menggunakannya, Anda akan lebih efisien waktu.

  1. Sesuaikan Kebutuhan

Pilih rak sepatu yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab, kebutuhan rak sepatu untuk satu orang dengan dua atau lebih orang akan berbeda. Oleh karena itu, pilih rak sepatu yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan tempat alas kaki Anda.

Apabila anggota rumah cukup banyak, Anda dapat membuat rak sepatu sendiri atau custom ke tukang kayu. Kelebihan custom, Anda dapat menyesuaikan ukuran serta desain yang diinginkan. Namun, biaya yang dikeluarkan mungkin akan lebij banyak.

Memilih model rak sepatu membutuhkan berbagai pertimbangan seperti yang disebutkan diatas. Namun, apabila Anda sudah mengetahui kebutuhan rak sepatu yang Anda ingin gunakan, akan mudah dalam memilih rak sepatu.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here