Cara Mengecat Dinding Bergaris Paling Mudah

3400
cara-cat-dinding-bergaris

Ruangan tampak lebih artistik dengan minim furniture? Cara mengecat dinding bergaris akan memberikan hasil yang artistik dan menarik.

Ruangan yang simple tetapi memiliki nilai artistik yang menarik bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan tukang. Saat ini banyak rumah modern yang mengambil model minimalis dan hanya memanfaatkan dekorasi ruang sebagai  pemercantik ruangan. Salah satunya adalah memberikan dinding wallpaper.

Kertas yang ditempelkan peda dinding ini memiliki berbagai macam desain dan juga warna. Ketika Anda mengunakan wallpapper maka bisa menyesuaikan sesuai dengan ruangan. Misalnya Anda bisa memilih wallpaper dengan motif kartun untuk kamar anak, atau wallpaper dengan corak bohemian untuk ruang santai agar terlihat lebih hangat, dll.

CS Biovarnish

Penggunaan wallpaper ini sangat marak modern ini terutama pada apartemen. Hanya saja wallpaper tidak bisa digunakan untuk ruangan yang lembab karena bahan kertas akan mudah berjamur dan juga mengelupas. Harga dari wallpapper pun cukup mahal sehingga Anda harus mengeluarkan budget yang lebih.

Selain menggunakan wallpaper Anda bisa menggunakan cara alami yaitu mengecat dinding. Cara mengecat dinding bergaris akan memberikan tampilan yang lebih modern dan tidak membosankan karena bisa memadukan berbagai pilihan warna dinding.

Bahkan Anda juga bisa mencampur warna dan menciptakan warna favorit Anda. Untuk garis yang diciptakan bisa juga tidak hanya terpaku pada garis-garis vertikal atau horizontal. Bahkan Anda bisa melakukan pengecatan pada waktu senggang karena mengecat adalah hal yang menyenangkan dan bisa dilakukan bersama dengan keluarga.

Alat Sederhana Untuk Membantu Menciptakan Dinding Bergaris

cara-cat-dinding-bergarisDalam mencipatakn dinding bergaris Anda tidak memerlukan alat yang canggih dan berharga mahal. Cukup benda benda yang ada di sekitar rumah bahkan dapat dibeli dengan harga murah.

Cara mengecat dinding bergaris dengan alat yang murah ini hanya membutuhkan pilihan warna yang sesuai dan memberikan keharmonisan atau tampak kontras. Berikut ini beberapa alat sederhana yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi cat dinding bergaris.

  1. Selotip kertas, dengan menggunakan selotip kertas Anda akan menciptakan pola yang sebagai pembatas antara warna. Jika Anda sudah menempelkan selotip kertas maka Anda bisa mulai melakukan pengecatan dan tidak melebihi garis pembatas yang dicipatakan oleh selotip kertas, hasilnya garis akan rapi.
  2. Kapur dan tali bangunan, ketika Anda ingin mendapatkan garis yang tipis Anda bisa menggunakan tali bangunan dan kapur maka akan muncul garis tipis yang rapi. Caranya adalah dengan mengikatkan tali bangunan membentuk garis dari ujung ke ujung pola kemudian gariskan kapur pada tali bangunan kemudian tarik tali hingga memantul pada dinding dan membentuk garis bekas kapur. Lalu lepaskan tali bangunan dan mulai cat secara hati hati karena garisnya yang dihasilkan sangat tipis.
  3. Sikat pakaian, dengan menggunakan sikat pakaian dinding akan mendapatkan garis tipis serta tekstur. Caranya adalah sikatkan pada dinding secara searah pada cat yang setengah kering kemudian tunggu kering. Permukaan dinding akan memiliki tekstur yang unik.
  4. Kardus dan pensil. Dengan menggunakan kardus dan pensil maka Anda bisa membentuk pola. Pola ini bisa sesuai dengan kesukaan dan cocok untuk diaplikasikan pada kamar anak. Bentuk pola di kardus bisa Anda mal pada dinding dengan pensil. Setelah selesai maka Anda bisa mulai mengecat dengan garis sesuai dengan pensil.

Keempat alat yang mudah didapatkan tersebut akan membantu cara mengecat dinding bergaris. Selain alat tersebut ada juga penggunaan alat mudah lain untuk menimbulkan dinding lebih artistik. Misalnya Anda bisa menggunakan busa atau sponge pada cat yang belum mengering kemudian usapkan pada dinding.

Maka akan timbul rongga kecil dan bertekstur. Anda bisa juga menggunakan kuas pada cat yang belum kering hingga meninggalkan brush mark yang unik. Alat sederhana tersebut bisa Anda temukan di dalam rumah bahkan jika di beli di toko bangunan pun tidak akan terlalu mahal. Segera temukan alat mudah tersebut dan mulai pekerjaan mengecat dinding bergaris bersama keluarga.

3 Cara Mengecat Dinding Bergaris Dengan Mudah

Semakin singkat cara mengecat dinding bergaris tetapi memiliki hasil terbaik bisa Anda lakukan sekarang juga. Sebelumnya Anda bisa mempersiapkan alat-alat berikut:

  • 2 warna cat tembok atau lebih sesuai kesukaan
  • Selotip kertas dengan lebar 3 atau 5 cm
  • Kuas berukuran sedang bisa 5 inci

3 Cara mengecat dinding bergaris:

  1. Jika dinding sudah di plamir atau memiliki warna dasaran putih maka Anda bisa langsung membuat pola garis menggunakan selotip kertas. Pastikan Anda menempelkan selotip dengan benar dan tidak menimbulkan gelembung. Ketika selotip menggelembung maka hasil pengecatan tidak rapi dan bisa saja cat masuk ke dalam selotip yang menggelembung sehingga tidak rapi.
  2. Jika selotip sudah dipasang maka Anda bisa melakukan pengecatan. Lakukan pengecatan jangan melebihi garis yang diciptakan oleh selotip. Jika mengenai selotip boleh saja asalkan jangan keluar garis karena akan bertabrakan dengan warna yang lain. Lakukan pengecatan hingga rata dna sesuai yang diharapkan.
  3. Lepas selotip. Lakukan pelepasan selotip apabila cat sudah benar-benar kering. Selotip yang dilepas ketika cat belum kering bisa menimbulkan warna yang berantakan dan tidak rapi. Jika cat sudah kering maka cat akan lebh rapi dan juga mudah dilepas.

hasil-cat-dinding-bergarisCara mengecat dinding bergaris di atas adalah tiga langkah mudah yang bsia dilakukan siapa saja bahkan jika Anda adalah ibu rumah tangga yang ingin menghias kamar anak. Kunci utama agar warna keluar atau lebih tajam adalah dining yang sudah memiliki warna dasar seperti sudah diplamir dan permukaannya halus.

Jika dinding masih dalam wujud semen maka permukaan bisa saja tidak halus dan warna gelap dari semen akan mempengaruhi warna cerah dari cat seperti kuning, merah atau hijau.

Selain dari segi dasaran dinding maka Anda juga harus memperhatikan bentuk pola. Ketika Anda tidak memberikan pola yang tidak lurus maka hasilnya tentu tidak rapi. Selotip kertas adalah pilihan terbaik karena tidak akan merusak tekstur dinding dan juga menutup dinding dan menciptakan garis yang lurus.

Sehingga jika Anda akan menciptakan pola horizontal, silang, vertikal bukan suatu masalah. Lain halnya jika Anda menggunakan selotip plasik yang lebih licin dan sangar lengket sehingga dapat merusak tekstur dinding. Pemilihan selotip ini memang harus diperhatikan jika Anda menginginkan hasil yang lebih rapi.

beli biovarnish

Leave a Reply