4 Langkah Agar Cat Besi Menempel Kuat Pada Material

    5053
    cat besi
    mengecat pagar besi dengan cat besi

    Saat ini, cat menjadi solusi untuk memperindah tampilan material besi. Selain itu, cat digunakan agar besi dapat awet dan bertahan lama. Sayangnya, biasanya besi tidak akan bertahan lama,karena kan mengalami korosi yang ditandai dengan munculnya karat atau rusaknya lapisan cat. Jika begini,maka solusinya adalah mengecat ulang.

    Mengecat ulang material besi pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama. Biaya untuk membeli cat pun tidak sedikit,karena harga cat yang terus mengalami kenaikan.

    cat besi
    aplikasi cat besi dengan kuas
    CS Biovarnish

    Sebenarnya bagaimana cara agar cat besi mampu betahan lama dan tidak mudah mengalami kerusakan? Lama tidaknya cat mampu menempel pada material sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari cat nya yang memang berkualitas, bahan cat nya memang cocok untuk digunakan di suhu tersebut. Selain itu, faktor pengerjaan atau teknisi yang mengerjakannya sesuai dengan standar pengecatan. Beberapa hal inilah yang membuat cat mampu menempel dengan baik pada material.

    Walaupun begitu, saat ini cat besi tidak hanya bisa diaplikasikan pada besi saja,namun juga bisa diaplikasikan pada material lainnya,seperti dinding,kayu,beton, dan sebagainya. Bahkan bisa jadi cat besi ini justru mampu menempel dengan baik dibandingkan cat khusus untuk material tadi, karena cat besi memang cat yang paling bagus dan maksimal jika dibandingkan dengan cat lainnya. Karena itu, jika anda memiliki cat berkualitas, pastikan teknisi yang mengerjakannya juga memiliki kemampuan untuk mengecat sesuai standar.

    Ada 4 langkah khusus agar cat besi mampu menempel kuat pada material :

    cat besi
    amplas terlebih dhaulu sebelum mengapliksikan cat besi
    1. Bersihkan material yang akan dicat dari noda dan kotoran yang menempel. Gunakan amplas untuk membuka pori-pori material jika material sebelumnya telah terlapisi. Amplas ringan dan jika material yang akan dicat telah berkarat, maka lakukan pengerokan karat terlebih dahulu agar proses pengecatan dapat berjalan rapi.
    2. cat besi
      bersihkan sisa amplasan sebelum mengecat
    3. Lakukanlah pencampuran cat sesuai aturannya. Tak jarang pemilik rumah atau teknisi memilih untuk tidak mengikuti aturan pencampuran catnya demi penhematan budget. Jika anda ingin mencampur catnya, maka anda dapat melakukan mengaplikasikannya dnegan campurai air yang telah ditetapkan atau lakukan permainan warna dengan mencampur warna cat yang ada.
    4. Selanjutnya, agar cat mampu menempel dengan sempurna pada material, maka berilah cat sebagai dasar untuk material. Proses cat dasar ini tidak perlu tebal, lakukan secara tipis saja dan keringkan. Lakukan pengecatan kedua dan lihat hasilnya. Jika emmang dirasa kurang bisa dilakukan pengecatan ketiga.
    5. Langkah terakhir, setelah didapatkan lapisan dasar, maka segera amplas ringan cat dasar yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk membuka pori-pori cat dasar, sehingga cat finishing dapat menempel dengan sempurna.

    Menggunakan Cat Air Untuk Material Besi

    cat besi
    cat besi terbaik waterbased dari bioindustries

    Kalau anda bertanya memang bisa menggunakan cat air untuk mengecat besi? Tenang ada kok produsen cat yang membuat cat besi dan kayu berbahan dasar air. Tentunya ramah lingkungan, karena bebas bahan kimia yaitu Bio Industri.

    Ada Cat Orchid Water Based Enamel Paint yang sangat bagus dan mampu menempel dengan sempurna pada material. Waktu kering sentuhnya pun hanya 30 menit saja dengan luas penampang yang lebih luas jika dibanding cat lain dengan bahan dasar minyak.

    Dengan bahan dasar Acrylic Polymer dengan lapisan karakter film kering dan hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa Cat Besi Orchid Enamel Paint mampu bertahan hingga lebih dari 3 tahun dalam kondisi terekspos beragam paparan cuaca.

    beli biovarnish
    SHARE

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here