Ayo Membuat Meja Dapur Multifungsi Sendiri!

578
membuat sendiri meja dapur di rumah
inspirasi membuat meja dapur sendiri di rumah

Salah satu perabotan dapur yang penting dan juga unik adalah meja dapur. Meja dapur dengan desain yang menarik dan juga dapat digunakan untuk fungsi ganda akan lebih banyak dipilih oleh ibu rumah tangga. Meja dapur multifungsi biasanya dilengkapi dengan laci atau rak sehingga dapat digunakan untuk berbagai perabotan dapur anda dengan mudah. Bagaimana membuat meja dapur multifungsi sendiri tanpa harus menghabiskan banyak dana?

Tutorial Membuat Meja Dapur Multifungsi Sendiri

  1. Siapkan desain yang anda inginkan

Untuk membuat meja dapur yang cantik dan juga menarik, anda perlu menyiapkan desain yang tepat sesuai dengan tema dari dapur anda. Ada berbagai desain meja dapur multifungsi yang dapat anda jadikan sebagai inspirasi anda. Cari dari sumber manapun mengenai desain meja dapur untuk dapur anda. Kenali ukuran dari dapur anda agar anda dapat membuat desain meja dapur yang sesuai dan cocok dengan dapur anda.

membuat meja dapur dengan desain sendiri
siapakan peralatan dan pastikan desain telah sesuai
  1. Persiapkan alat dan bahan
CS Biovarnish

Langkah yang kedua yaitu mempersiapkan alat dan juga bahan yang akan anda butuhkan untuk membuat meja dapur anda. Alat dan bahan yang akan anda butuhkan adalah kayu, gergaji, meteran, cat, amplas, bor listrik, sekrup.

  1. Potong kayu sesuai dengan desain

Pilih kayu yang berkualitas yang tahan lama karena dapur akan mudah kotor. Jadi anda memerlukan kayu tua dengan kualitas yang bagus agar lebih kokoh dan juga tidak mudah gampang lapuk. Potong kayu yang sudah anda siapkan menjadi komponen-komponen dari meja dapur anda. Gunakan meteran, gergaji, siku agar ukuran dari komponen-komponen meja dapur anda pas.

  1. Amplas kayu agar lebih halus
amplas meja sebelum di finishing
amplas terlebih dahulu meja sebelum di finishing

Untuk mendapatkan hasil meja dapur yang halus, anda harus mengamplas semua bagian dari komponen-komponen kayu yang sudah anda persiapkan. Pengamplasan ini dapat juga menghasilkan kayu dengan ukuran yang sama, karena tinggi rendah dari kayu dapat anda amplas. Sehingga kayu tidak akan bergelombang. Pengamplasan juga dilakukan untuk mempermudah proses pengecatan anda.

  1. Pasangkan setiap komponen dari meja dapur anda

Setelah proses pengamplasan selesai, maka anda dapat merangkai semua komponen dari meja dapur anda. Pasang semua komponennya mulai dari bagian alas meja sampai dengan bagian kaki-kaki meja anda. Gunakan bor listrik dan juga sekrup untuk mengaitkan bagian dari komponen meja dapur anda.

  1. Pasang pegangan laci meja

Bagian berikutnya adalah memasang bagian rak atau laci dari meja dapur anda. Pilih pegangan rak atau laci dapur anda dengan warna sesuai dengan selera anda. Untuk memasangkannya anda memerlukan bor listrik, sekrup atau baut. Nah, setelah anda mengebornya, maka pasang komponen pegangan laci dengan benar.

  1. Percantik tampilan meja dapur anda dengan mengecat meja
mengecat meja dapur
langkah terahir melakukan finishing pada meja dapur

Untuk menambah tampilan meja dapur multifungsi anda lebih menarik, maka anda dapat memberikan cat kayu sesuai dengan jenis kayu yang anda gunakan. Proses pengecatan ini sebaiknya anda lakukan pada tempat yang terbuka agar bau cat tidak mengganggu pernafasan anda. Pilih jenis cat yang cocok untuk dapur dengan kualitas yang bagus agar tahan lama dan tidak mudah mengelupas. Pengecatan ini merupakan proses pelapisan pada kayu, sehingga jika ada kotoran atau noda saat anda memasak, meja kayu anda akan terlapisi dan tidak mudah rusak atau lapuk bahkan menjamur.

Demikian cara membuat meja dapur multifungsi sederhana dengan bahan yang mudah anda dapatkan. Pilih desain yang menarik dan juga cantik agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba.

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply