Ayo Membuat Sendiri Meja Kursi Anak Dengan Mudah

580
meja dan kursi anak
inspirasi warna warni meja dan kursi anak

Menyenangkan anak merupakan hal yang harus dilakukan oleh orang tua. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengajak anak untuk bermain, berjalan-jalan, ataupun dengan memberikan merekan mainan yang edukatif. Nah, selain hal tersebut, anda ternyata juga dapat memberikan hal lain, salah satunya dengan membuatkan furniture anak yang nyaman dan juga dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, diantaranya adalah kursi anak.

Memang banyak sekali toko furniture yang menyediakan berbagai furniture yang menarik dan juga cantik. Namun, hal itu pastinya juga tidak akan jauh dari masalah biaya. Dibandingkan dengan membeli furniture baru, anda ternyata juga dapat membuat kursi anak sendiri sesuai dengan desain yang anda inginkan.

Selain itu, anda juga dapat memberikan warna pada kayu sesuai dengan yang anak anda kehendaki. Lalu, bagaimana cara membuat kursi sendiri untuk buah hati anda dengan mudah? Simak cara mudah berikut ini.

Cara Mudah Membuat Sendiri Meja Kursi Anak

  1. Siapkan alat dan bahan
CS Biovarnish

Siapkan potongan-potongan kayu sesuai dengan desain kursi yang anda inginkan. Potong kayu tersebut sesuai dengan ukuran kursi kayu. Gunakan meteran dan gergaji, ukur dengan pas dan pasti agar anda nantinya tidak menyesuaikan atau memotong kembali kayu tersebut.

  1. Amplas kayu
mengamplas furniture
amplas terlebih dahulu meja atau kursi sebelum di finishing

Pastikan bahwa anda mengamplas semua bagian kayu yang akan anda jadikan sebagai meja dan kursi. Gunakan amplas kertas kemudian gosokkan pada seluruh bagian kayu sampai rata dan halus. Pastikan tidak ada bagian kayu yang terlewat. Rapikan bagian ujung kayu agar tidak ada bagian kayu yang lancip. Apabila ada bagian kayu yang tidak rata, gosokkan amplas tersebut dengan sedikit menekan kuat pada bagian tersebut. Pastikan kayu telah rata dan lakukan proses berikutnya.

  1. Perakitan dan pemasangan

Buatlah dasar meja dengan menggabungkan beberapa potongan kayu sesuai dengan desain yang anda siapkan. Gabungkan potongan kayu tersebut dengan menggunakan paku. Jangan lupa gunakan jenis kayu yang bagus dan halus agar tampilannya lebih nyaman dan halus. Setelah bagian dasar meja selesai dibuat, maka buatlah penyangga untuk memperkuat meja anda. Pasangkanlah empat kaki meja serta gunakan sekrup untuk memperkuat meja sebagai penyangga.

  1. Proses finishing
mengecat meja
lakukan finishing dengan mengecat meja atau kursi dengan pilihan cat yang aman untuk kesehatan

Apabila meja dan kursi sudah terbuat, maka sekarang bagian anda untuk melakukan tahapan akhir yaitu finishing. Untuk proses finishing, maka pilih jenis cat yang benar-benar aman untuk kesehatan anak anda. Bahan finishing yang tepat adalah bahan finishing dengan menggunakan cat water based atau cat dengan bahan pelarut air.

Cat dengan bahan pelarut air ini merupakan cat yang aman untuk anak. Cat ini juga merupakan jenis cat yang mudah untuk diaplikasikan pada berbagai furniture anak atau mainan anak dari kayu, baik dengan cara dikuaskan maupun diaplikasikan dengan menggunakan spray gun. Selain itu, cat jenis ini juga tidak menimbulkan bau yang menyengat. Bau cat yang menyengat merupaan indikasi bahwa cat mengandung formalin, bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Saat anda menggunakan cat water based, tidak akan menimbulkan efek untuk kesehatan anak dan juga bagi keluarga anda.

Jangan sampai salah untuk pilih cat. Selain cat water based, ada juga jenis cat lain yaitu solvent based. Cat jenis ini merupakan jenis cat yang tidak aman bagi anak dan juga keluarga anda. Cat jenis solvent based ini menggunakan bahan pelarut seperti thinner, spiritus serta bahan kimia yang lainnya yang cukup menyengat. Cat jenis ini memang tergolong jenis cat yang lebih murah dan tahan lama, namun cat ini ternyata tidak aman bagi anak anda.

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply