Cara Pelitur Kayu Dengan Mowilex Yang Tepat

1308
Cara Pelitur Kayu Dengan Mowilex Yang Tepat

Penggunaan pelitur pada kayu di Indonesia bahkan di dunia adalah sebuah hal yang sangat umum. Ketika Anda menggunakan bahan finishing seperti pelitur maka Anda bisa mendapatkannya di toko bahan bangunan terdekat misalnya saja seperti bahan finishing water based dari Mowilex. Produk ini akan memberikan lapisan warna natural pada kayu dengan penampilan mengkilap atau tidak tergantung kebutuhan Anda.

Pelitur Mowilex adalah produk yang sudah lama digunakan oleh banyak orang baik di tingkat DIY atau bahkan di industri. Jika Anda ingin menggunakan produk ini maka ada tiga bahan yang perlu Anda gunakan.

Bahan pertama adalah Mowilex wood filler kedua Mowilex wood stain dan terkahir adalah Mowilex Clear Coat. Ketika Anda ingin menggunakan bahan ini Anda bisa mempersiapkan gelas plastik untuk pencampuran, alat pengaduk dan juga kuas.

CS Biovarnish

Persiapan tidak hanya menggunakan bahan saja namun Anda juga perlu mempersiapkan material kayu. Substrat kayu yang digunakan perlu diamplas terlebih dahulu. Permukaan substrat kayu yang halus akan mempermudah proses penguasan ke seluruh permukaan dan setelah kering akan berubah menjadi halus dan rata.

Substrat kayu juga harus kerin, kayu yang masih basah akan membuat kayu berubah menjadi berjamur dan mengundang banyak rayap. Maka persiapan sangat penting sebelum Anda melangkah pada proses pengecatan menggunakan Mowilex.

Langkah Kerja Finishing dengan Mowilex

Bekerja dengan pelitur banyak yang mengatakan sulit namun ada juga yang mengatakan mudah. Kunci keberhasilan ada dalam tahapan mengamplas, mencampur bahan pelitur debngan pelarutanya dan cara mengeringkan. Kesatuan cara tersebut saja sudah dapat menghasilkan finishing yang tepat.

Nah untuk aplikasi Mowilex berikut ini langkah kerja yang perlu Anda ikuti:

  1. Aplikasikan Mowilex wood filler. Campurkan wood filler dengan sedikit air ke dalam wadah plastik dan aduk hingga rata. Proses aplikasi dapat menggunakan kain ball atau menggunakan pisau palet/ kape. Jika menggunaan kain aplikasikan dengan sedikitditekan dan usapkan memutar hingga filler benar-benar masuk ke dalam pori kayu. Jika menggunakan kape Anda bisa mengaplikasikan searah serat kayu dan ditekan. Tunggu wood filler mengering dan lanjutkan dengan proses pengamplasan. Amplas permukaan wood filler yang masih kasar dengan amplas aluminium oxide nomor 240. Pengamplasan bisa ditekan hingga permukaan berubah halus dan serat kayu terlihat jelas. Terakhir bersihkan debu pengamplasan.
  2. Aplikasikan Mowilex wood stain dengan warna yang telah Anda pilih. Campurkan Mowilex wood stain dengan air di dalam gelas plastik. Pastikan Anda menggunan takaran air tepat campurkan sedikit demi sedikit agar tidak terjadi kesalahan. Aplikasikan menggunakan kuas halus ke seluruh permukaan kayu. Lakukan penguasan searah serat kayu dan tunggu kering sekitar 60 menit. Lanjutkan dengan amplas 400 secara ambang saja dan pastikan permukaan halus. Bersihkan debu amplas. Jika warna yang didapatkan masih kurang sesuai aplikasikan wood stain sekali lagi.
  3. Langkah terakhir adalah aplikasi Mowilex clear coat. Pilih clear coat kebutuhan Anda dan campurkan ke dalam gelas plastik dan di aduk hingga rata. Mulai kuaskan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering. Proses keringnya lapisan clear coat ini akan membutuhkan waktu hingga 24 jam. Anda bisa menyimpan substrat kayu di dalam ruangan yang bersih dan kering sehingga tidaka da kotoran yang menempel ketika cat masih basah.

Langkah kerja menggunakan pelitur Mowilex di atas termasuk mudah dan bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah. Keunggulan dari Mowilex dibandingkan cat lain adalah sangat mudah diaplikasikan karena hanya menggunakan pelarut air. Berbeda dengan produk solvent seperti Impra yang membutuhkan thinner.

Cara Pelitur Kayu Dengan Mowilex Yang TepatBahkan keunggulan lain adalah aplikasi bisa digunakan kapan saja dan juga dimana saja. Anda tidak tergantung dengan panas matahari agar lapisan pelitur mengering. Anda hanya perlu mendiamkan di dalam ruangan karena sirkulasi udara dalam ruangan akan membuat air cepat menguap.

Tips Keberhasilan Finishing dengan Pelitur

Langkah kerja finishing dengan pelitur Mowilex mungkin sudah Anda laksanakan namun belum tentu hasil yang diberikan akan sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan bagi sebagian besar pemula sering gagal walaupun telah mengikuti petunjuk yang terdapat dalam kamasan kaleng pelitur.

Nah ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk menentukan keberhasilan proses pelitur menggunakan Mowilex. Selain yang telah disebutkan di atas yaitu bagian persiapan ada beberapa tips lain yang belum disebutkan.

  • Teknik mengamplas

Anda akan mendapatkan hasil mengkilap dengan permukaan rata dan halus. Maka teknik mengamplas harus sangat diperhatikan. Ketika Anda akan mengamplas dalam rangka mempersiapkan permukaan kayu maka Anda bisa menggunakan teknik mengamplas dengan benar.

Untuk menghaluskan gunakan aturan penggunaan kertas amplas yang tepat. Pilih grit amplas dari kasar ke halus bukan sebaliknya. Amplas akan memotong permukaan yang kasar dan menimbulkan goresan. Semakin kecil angka grit amplas maka akan semakin halus goresan yang ditimbulkan. Gunakan amplas dari nomor 100 dan perlahan beralih ke 150.

Mengamplas yang rata juga menyesuaikan dengan bentuk permukaan. Jika datar maka gunakan balok kayu, jika bergelombang maka Anda bisa melilitkan amplas pada busa.

  • Penggunaan kuas

Menggunakan kuas sebagai alat aplikasi akan menentukan apakah finishing menjadi halus. Anda akan bekerja dengan cat water based maka pilih kuas dengan bulu nylon yang tidak akan menyerap terlelu banyak air dan menghasilkan permukaan yang halus.

Cara Pelitur Kayu Dengan Mowilex Yang TepatUkuran kuas juga akan mempengaruhi, kuas yang berukuran besar digunakan pada permukaan yang datar dan luas misalnya untuk top table. Sedangkan kuas berukuran kecil bisa di bawah 3 inci cocok digunakan pada permukaan kayu lebih kecil seperti kusen dan trim.

Aplikasi kuas harus searah serat kayu agar halus, pastikan Anda sudah mencermati alur serat kayu sebelum mengaplikasikannya. Arah yang berlawanan justru akan menimbulkan permukaan yang kasar.

  • Viskositas pelitur

Anda mungkin hanya akan menggunakan cat sebagai DIY namun dalam tingkat industri tingkat cair tidaknya atau sering disebut dengan viskositas akan sangat mempengaruhi. Viskositas standar yang biasa digunakan adalah 10-12 nk2 per detik untuk menghasilkan pelitur yang siap digunakan dan memberikan hasil yang rata.

Tingkat viskositas yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa mengakibatkan berbagai masalah contohnya seperti brush mark. Kurangnya air membuat viskositas terlalu rendah dan ketika diaplikasikan sangat mudah muncul brush mark.

  • Proses aplikasi

Mengaplikasikan cat water based seperti Mowilex berbeda dengan aplikasi menggunakan cat solvent. Jika biasaya Anda menggunakna cat solvet sekali aplikasi akan mencelupkan banyak cat dan mengaplikasikannya maka cat water based sebaliknya. Anda hanya perlu mengaplikasikan sedikit saja atau tipis saja karena Anda dapat mengulangi aplikasi tersebut.

Lapisan cat sekali yang terlalu tebal akan memperlambat proses pengeringan dan juga akan menghambat pelapisan dari cat yang menciptkakan lapisan pelindung. Anda hanya perlu melapisi satu persatu untuk menciptakan lapisan film yang kuat.

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply