Cara Finishing Kayu dengan Mowilex Paling Mudah

2746
Cara Finishing Kayu dengan Mowilex Paling Mudah

Hasil warna natural dari sebuah furnitur kayu adalah idaman banyak orang. Apalagi jika Anda memiliki kayu yang mahal dengan serat menawan seperti kayu jati. Anda perlu memilih bahan finishing yang memiliki perlindungan baik pada kayu, memiliki hasil warna yang halus dan juga rata terutama pada bagian transparansinya.

Salah satu merk ternama di Indonesia yaitu cat kayu Mowilex adalah salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk finishing furnitur dengan hasil tampilan natural. Ketika Anda ingin menggunakannya maka Anda bisa membeli di toko bahan bangunan terdekat.

CS Biovarnish

Produk Mowilex yang perlu digunakan adalah Mowilex wood stain dan Mowilex clear coat. Keduanya adalah produk water based sehingga aman digunakan untuk lingkungan. Selain bahan Anda juga perlu menyiapkan bahan pelarut berupa air dan alat yaitu gelas plastik, kuas dan juga amplas.

Persiapan dari substrat kayu dapat dimulai dari pengecekan permukaan kayu. Jika permukaan banyak berlubang tutup terlebih dahulu menggunakan wood filler atau dempul kayu yang baik jika lubang terlalu besar. Bahan dempul kayu Mowilex adalah solvent, jika Anda ingin menutup pori kayu maka Anda bisa menambahkan sedikit thinner untuk mengecerkan.

Wood filler jati yang sudah diencerkan dapat diaplikasikan menggunakan kain. Tunggu kering baru dilanjutkan dengan pengamplasan. Amplas dan pastikan kayu sudah kering benar dan memiliki permukaan yang halus dan juga rata.

Proses aplikasi bisa dimulai dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama pilih warna cat kayu Mowilex wood stain yang Anda inginkan. Campurkan wood stain dengan air, jumlah air sesuai dengan yang tertera pada kemasan. Biasanya jika ingin tampilan warna lebih gelap Anda cukup menggunakan sedikit air. Fungsi air untuk mengecerkan agar lebih mudah diaplikasikan.
  2. Kedua aplikasikan menggunakan kuas, pastikan kuas bersih dan berbulu halus. Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan kuas sponge. Kuaskan searah serat kayu tipis saja jangan terlalu tebal agar cepat kering. Tunggu lapisan wood stain kering setelah rata.
  3. Ketiga amplas permukaan wood stain yang sudah kering dengan amplas 320. Amplas ambang hingga permukaan lebih halus, jika warna yang diinginkan belum didapat Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali dan dilanjutkan dengan mengamplas.
  4. Terakhir adalah aplikasi Mowilex clear coat. Encerkan clear coat dengan sedikit air kemudian aduk hingga rata. Pastikan Anda mengaduk rata dan menggunakan kuas yang halus. Aplikasikan seperti Anda mengaplikasikan wood stain di awal. Setelah rata tunggu permukaan kayu menjadi kering selama 24 jam. Maka aplikasi sudah selesai dan kayu sudah dapat digunakan.

Clear coat Mowilex merupakan bahan pernis kayu yang bisa Anda gunakan dengan transparansi yang baik atau bening. Pernis kayu bening ini sangat mudah digunakan karena tingkat larutan yang pas untuk finishing. Pemilihan cat water based Mowilex rata-rata digunakan sebagai finishing furnitur, kusen, pintu, bahkan digunakan pada tiang rumah.

Pada bagian akhir yaitu aplikasi clear coat atau top coat kayu, Anda bisa menggunakan hingga dua kali lapis jika ingin mendapatkan lapisan yang tebal dan lapisan yang kuat. Ketika Anda mengaplikasikan hingga beberapa lapis selalu pastikan melakukan pengamplasan agar lapisan cat di atasnya dapat melekat dengan baik.

Cara Finishing Kayu dengan Mowilex Paling MudahPernis pintu, jendela dan furniture berbasis air Mowilex menawarkan hasil yang serupa tanpa kerumitan dan keruwetan pembersihan. Paling kering jelas untuk disentuh dalam 15 hingga 30 menit. Mereka tidak retak, chip, atau gelembung, dan mereka tahan air dan alkohol. Yang terbaik dari semuanya, pernis ini tidak berwarna kuning. Namun, bila diterapkan dalam beberapa lapisan, hasil akhirnya mungkin mulai berawan, tergantung pada kayu.

Oleskan pernis dengan sikat baru yang bersih dan alami. Gunakan hanya pernis baru. Pernis yang telah digunakan beberapa kali mungkin mengandung gumpalan pernis yang mengeras dari seluruh sisi dan tepi wadah. Benjolan ini benar-benar dapat menyebabkan masalah. Jika Anda merencanakan pekerjaan dengan benar, Anda mungkin tidak akan memiliki cukup pernis yang tersisa untuk menjadi sia-sia.

Jauh lebih mudah untuk mengaplikasikan pernis ke permukaan horizontal daripada permukaan vertikal. Sebelum Anda mulai bekerja, putar bagian furnitur sehingga permukaan utamanya horisontal. Jika benda itu memiliki laci, pintu, rak, dan bagian yang bisa dilepas lainnya, keluarkan atau matikan dan selesaikan secara horizontal. Kerjakan hanya satu permukaan pada satu waktu, dan kerjakan pada permukaan besar terakhir.

Oleskan pernis ke kayu yang sudah disiapkan dengan panjang, halus, bahkan guratan, peletakan pernis sepanjang pori dengan strip lebar sikat. Jangan menyentuh sikat ke tepi wadah pernis; goyangkan atau ketuk sisa pernis di dalam wadah atau di atas kaleng. Pernis harus mengalir ke permukaan kayu, tanpa hambatan.

Tips Menggunakan Cat Water Based

Cat berbasis air memberikan hasil yang bersih dan netral serta memiliki bau yang rendah. Anda dapat mengaplikasikannya dalam dua jam dan membersihkan alat Anda dengan air. Jika Anda memulai cukup awal di siang hari, Anda dapat menerapkan pada satu furnitur di hari itu dan selesai di sore hari. Anda akan dapat menggunakan furnitur keesokan harinya setelah lapisan cat berubah kering sempurna.

Cat berbasis minyak meninggalkan efek kuning dan membutuhkan lebih sedikit lapisan cat. Namun, menunggu lima jam antara lapisan dan 12 jam menunggu setelah lapisan terakhir akan membuat kamar tidur tidak berfungsi selama beberapa hari bahkan Anda harus tahan dengan bau yang kuat.

Agar Anda berhasil dalam finishing menggunakan cat kayu water based Mowilex baik itu untuk masalah penampulan dan masalah perlindungan maka ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dan lakukan. Tips berikut ini akan membantu Anda mendapatkan hasil warna transparan dan mendapatkan hasil permukaan yang halus dan lebih rata.

  • Naikkan pori kayu

Selalu tingkatkan pori-pori pada kayu mentah sebelum mengaplikasikan cat berbasis air. Cukup sikat, spons atau semprotkan pada air suling dan biarkan kering secara menyeluruh (semalam adalah yang terbaik). Kemudian, amplas dengan kertas grit terakhir Anda untuk membersihkan permukaan yang masih tajam. Sekarang ketika Anda menerapkan cat, pori kayu akan tetap turun.

  • Hilangkan lapisan cat minyak lama

Minyak dan air tidak bercampur. Cat berbasis air dapat memiliki masalah adhesi bila diterapkan di atas cat berbasis minyak yang tidak sepenuhnya dihilangkan. Jika Anda tidak menghilangkah lapisan cat minyak sebelumnya maka cat water based tidak dapat diterapkan dengan baik.

  • Pilih Aplikator yang Tepat

Cara Finishing Kayu dengan Mowilex Paling MudahBeli kuas pernis dari bahan nilon halus berkualitas tinggi untuk pekerjaan spindle, di bagian sudut dan tepi yang sempit. Bulu nilon tidak akan menyerap air dari hasil cat dan menjadi lembek seperti bulu alami. Setiap serat diekstrusi ke suatu titik untuk menyerupai bulu alami. Sikat sangat lembut, dan diameter serat variabel menciptakan lebih banyak ruang untuk memegang material, yang berarti lebih sedikit dips dalam kaleng.

  • Keringkan Kayu Anda Sebelum Pewarnaan

Kayu kering dapat menyerap pewarna atau noda secara agresif, sehingga sulit untuk mengontrol penetrasi warna. Hasilnya bisa menjadi kekacauan gelap, bercak-bercak. Untuk kontrol tambahan, cobalah membasahi kayu dengan air tepat sebelum Anda menggunakan pewarna atau pewarna. Peningkatan waktu buka membuat warna lebih mudah untuk dikontrol. Sprayer atau spons pompa rumah tangga sangat bagus.

beli biovarnish
SHARE

Leave a Reply